Career

Generasi Milenial dan Gen Z Kerap Melupakan Lima Hal Penting Ini

Ilustrasi: 123rf

Secara kependudukan, Gen Y dan Gen Z  tengah menduduki porsi terbesar dan memiliki peran penting dalam pembangunan sosial sebuah negara. Generasi ini kerap dianggap sebagai generasi yang egois namun memiliki tingkat kreativitas yang sangat tinggi, sehingga mereka merupakan generasi yang sangat efisien dan memiliki keinginan yang serba instan.

Tingginya kreativitas generasi tersebut membuatnya terkadang melupakan apa yang seharusnya mereka lakukan untuk masa depan atau hari tua agar hidup mereka lebih terjamin. Bagi kamu yang termasuk sebagai generasi milenial mungkin artikel ini akan memberi kesadaran untuk mengubah sedikit pola hidup agar masa tua kamu menjadi menyenangkan.

Putar uang kamu

Memutar uang dapat dengan berbagai cara. Kamu dapat memainkan uang kamu dengan membeli saham atau properti, atau juga kamu dapat membuka reksa dana. Perputaran uang ini akan membuat kamu terus berinvestasi akan jangka panjang. Hal tersebut akan membuat masa tua kamu akan lebih aman untuk masalah keuangan.

Sadar akan belajar

Ya, belajar memang tidak pernah mengenal usia. Kamu pasti pernah melihat orang tua yang akhirnya berhasil lulus dari bangku SD hingga seorang anak berusia 11 tahun yang berhasil mengantongi gelar sarjana. Itu mengindikasikan bahwa pendidikan tidak mengenal umur sama sekali, dan sangat penting untuk menghilangkan stigma “sudah terlambat” di kepala kamu. Sekaranglah saatnya untuk terus belajar.

Berusaha untuk tidak berutang

Memang ada kalanya hutang itu dibutuhkan, namun bagaimana jika kamu harus berutang untuk sesuatu yang tidak produktif? Hutang seperti ini berakibat pada jumlah pengurangan bujet pada gaji kamu. Sebisa mungkin saat ini kamu harus dapat memilah mana yang kamu perlukan dan apa yang tidak perlukan sehingga kemungkinan utang semakin menipis.

Kuasai bahasa selain Inggris

Di era globalisasi seperti saat ini, salah satu hal yang perlu dikuasai oleh generasi milenial ialah mempelajari bahasa baru. Dengan mempelajari bahasa baru, dunia tidak akan terasa sempit karena kamu dapat berkomunikasi dengan siapa pun. Tidak ada yang lebih menyenangkan selain bertemu orang baru dan berbincang dengan mereka menggunakan bahasa mereka sendiri. Interaksi ini akan membuka wacana yang bakal terwujud jika kamu bersedia mempelajari bahasa asing baru (selain Inggris).

Mulailah Menabung

Generasi milenial cenderung tergoda dengan berbagai pengeluaran yang bersifat temporer. Ini yang membuat mereka rentan terhadap pengeluaran yang tidak seharusnya dilakukan. Jika saat ini kamu belum memiliki uang simpanan atau investasi yang memadai, paksakan diri kamu untuk memilikinya mulai dari sekarang.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top