Technology

Gojek dan UI Siap Cetak Ribuan Tech Engineers Baru

Indonesia membutuhkan lebih banyak lagi tenaga kerja di bidang teknologi untuk bisa mengejar pertumbuhan ekonomi digital yang pesat. Menurut Lembaga riset A.T. Kearney, Indonesia memproduksi hanya 278 tech engineers setiap 1 juta penduduk. Jumlah ini sangat sedikit bila dibandingkan dengan Malaysia dan Thailand. Kedua negara ini mampu mencetak ribuan insinyur teknologi.

Padahal, ekonomi digital Indonesia diprediksi mencapai US$ 100 miliar pada tahun 2025 atau yang terbesar di Asia Tenggara. Kurangnya ketersediaan sumber daya manusia di bidang teknologi berkualitas tinggi seperti engineers, programmers dan developers dapat menghambat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Kolaborasi UI dan GOJEK bertujuan menutup gap tersebut dengan melatih mahasiswa calon tenaga kerja Indonesia di bidang IT .

GOJEK bersama Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) bekerjasama untuk mencetak lebih banyak tech engineers yang siap bersaing secara global Computer Festival (COMPFEST) ke-11. Nila Marita, Chief of Corporate Affairs GOJEK mengatakan GOJEK mendukung pemanfaatan teknologi di Indonesia yang didukung oleh talenta yang mumpuni.

“Kami menyadari kompetensi di bidang teknologi membutuhkan tidak hanya pembelajaran teori, tetapi juga keterampilan teknis. Pelatihan dari GOJEK sifatnya praktis dan fokus pada keterampilan utama yang paling dibutuhkan di dunia kerja startup global yang saat ini berkembang sangat cepat,” ujar Nila.

COMPFEST ke-11 kali ini menargetkan dapat membina lebih dari 8.000 mahasiswa. Harapannya, ada lebih banyak sumber daya manusia di Indonesia yang berketerampilan dan berkompetensi tinggi di bidang IT.  Yang berbeda dari COMPFEST tahun ini adalah program “The Academy Powered by GOJEK”, yaitu pelatihan intensif dari GOJEK dan partner lain kepada puluhan peserta terbaik dari hampir 2.000 pendaftar The Academy. Program ini akan berlangsung pada periode 6 Juli – 18 Agustus dan meliputi tiga pilar, yakni Data Science Academy, StartUp Academy, dan Software Engineering Academy.

Di luar “The Academy Powered by GOJEK”, ribuan peserta COMPFEST ke-11 lainnya akan mendapatkan pengetahuan pengalaman kerja di bidang teknologi langsung dari Senior Engineers terbaik GOJEK melalui format seminar, dan juga berkesempatan mendaftar kerja di GOJEK melalui booth rekrutmen GOJEK di acara utama COMPFEST pada September nanti.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top