Automotive

Goodyear Aero, Ban Terbang dari Negeri Paman Sam

Gambar: prnewswire.com

Berbicara tentang masa depan mungkin tak terlepas dari hadirnya alat transportasi yang kian canggih dan cepat. Di film-film bergenre Sci-Fi yang mengisahkan tentang masa depan kendaraan yang sering muncul ialah mobil terbang. Tapi akankah mobil terbang akan menjadi kenyataan?

Untuk menghindari kebangkrutan akibat munculnya mobil terbang di masa depan, salah satu perusahaan produsen ban dunia, Goodyear, telah menciptakan sebuah ban konsep yang bisa membuat mobil terbang.

Menggunakan nama Aero, Goodyear membekali ban masa depannya ini dengan baling-baling. Dengan baling-baling ini, selain menjadi ban Aero berperan juga sebagai kipas yang memungkinkan roda berputar ke atas dan membantu mobil bergerak ke atas.

Dilansir dari cnn.com, Goodyear Aero memiliki beberapa bagian yang mirip dengan teknologi pada ban yang ada saat ini. Teknologi tersebut seperti penginderaan optik dan kecerdasan buatan. Singkatnya, beberapa ban pada mobil saat ini memiliki kemampuan untuk berkomunikasi untuk menghindari kecelakaan. Selain itu, ban saat ini juga memiliki sensor yang dapat memperingati pengemudi jika tekanan angin kurang.

“Sebagai perusahaan mobilitas kami mencari jawaban atas tantangan transportasi perkotaan dan kemacetan. Pekerjaan kami pada material dan arstiektur ban canggih membuat kami membayangkan roda yang dapat berfungsi dengan baik sebagai ban konvensional di jalan maupun sebagai sistem penggerak di langit,” pungkas kepala bagian teknologi Goodyear Chris Hesel.

Goodyear Aero menjalankan debut pertamanya di ajang Geneva Motor Show. Ban masa depan ini masih bersifat konsep alias belum dipasarkan, karena tentunya perlu pengembangan lebih lanjut. Goodyear selaku produsen juga mengatakan bahwa Aero hadir sebagai jawaban atas tantangan yang akan datang di masa depan.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top