Technology

Google Maps Tambah Fitur untuk Melaporkan Macet di Jalanan

Sumber: 123RF

Tingginya mobilisasi masyarakat mendorong aplikasi peta digital untuk terus mengembangkan fiturnya. Google Maps sekali lagi mengadaptasi fitur Waze dengan menambahkan fitur laporan macet di jalanan. Sebelumnya, fitur ini pertama kali diadaptasi oleh Waze dengan nama Slowdown.

Jika sebelumnya Google Maps hanya mengumpulkan data kemacetan dari sistem, kini pengguna Google Maps dapat melaporkan kemacetan dan penyebabnya. Hal ini mengakibatkan data mengenai hambatan di jalan lebih cepat terkumpul dan memiliki titik posisi yang akurat. Fitur ini akan mempermudah Google Maps untuk menjadi rute alternatif untuk menghindari kemacetan.

Dilansir dari 9to5Google, fitur ini memiliki tombol untuk melaporkan penyebab hambatan. Di antaranya adalah ‘incident’, speed trap dan slowdown. Ketika menggunakan Google Maps, tombol-tombol ini akan muncul secara langsung di bagian bawah peta. Dengan ini, pengguna bisa segera melaporkan ketika terjadi hambatan yang tidak tertera di Google Maps.

Uniknya, nama fitur ini berubah-ubah sesuai dengan lokasi pengguna Google Maps. Dilansir dari Google Police, Pengguna Google Maps di Inggris akan menerima salah satu opsi dalam fitur ini dengan kata congestion dan bukan slowdown.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top