Lifestyle

Gua Thang Raya, Destinasi Wisata Rohani di Kalimantan Barat

Sumber: detikTravel

Jika Anda menyukai wisata alam, Gua Thang Raya di Sanggau, Kalimantan Barat dapat menjadi pilihan. Gua ini merupakan bentukan alam dan sangat unik karena prosesnya terjadi ratusan tahun lalu. Kedalaman gua diperkirakan hampir 100 meter, berliku serta membentuk kamar. Seperti gua pada umumnya, Gua Thang Raya juga dihuni ribuan kelelawar.

Masyarakat setempat sendiri meyakini gua itu adalah tempat suci. Pada acara-acara tertentu, masyarakat menjadikan gua sebagai tempat melakukan ritual, terutama menjelang musim tanam padi. Gua Thang Raya juga dijadikan tempat ibadah bagi masyarakat setempat yang memeluk agama Katholik.

Tidak sedikit orang yang datang ke Gua Thang Raya untuk berdoa. Di sekitar gua dapat terlihat patung Yesus Kristus dan Bunda Maria. Banyak orang yang datang kemudian mengaku doanya terkabul setelah datang ke sana.

Goa Thang Raya dikelilingi oleh parit kecil dan pepohonan besar. Sehingga, wisatawan dapat merasakan udara yang segar Sedangkan bagi Jarak tempuh dari jalan utama ke gua ada sekitar tiga kilometer. Ada sejumlah pilihan transportasi.

Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Rute perjalanannya adalah dari simpang jalan raya. Setelahnya sekitar 1,5 kilometer, perjalanan harus dilanjutkan dengan kendaraan roda dua. Karena, Anda akan melalui jembatan gantung.

MARKETEERS X








To Top