Retail & Property

Sebelum Membeli Rumah, Perhatikan Hal-hal Ini

Apabila saat ini Anda sedang berencana membeli rumah. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Mengingat harga properti kian melambung di tengah kota, ada baiknya Anda menggeser impian Anda untuk rela membeli properti di kawasan pinggiran kota.

Head of Marketing Rumah.com, Ike Hamdan menjelaskan bahwa harga hunian di tengah kota Jakarta saat ini terus meroket. Sebagai contoh, untuk sebuah unit apartemen tipe studio di kawasan Fatmawati saja banderol harga jualnya sudah mulai dari Rp 1,1 miliar. Angka ini setara dengan harga rumah semi mewah di kawasan pinggiran seperti Tangerang Selatan atau Depok.

“Oleh karena itu hunian baik perumahan ataupun apartemen yang berada dekat stasiun Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi kini menjadi incaran banyak orang karena keunggulannya tadi, harga rumahnya yang lebih terjangkau dan mudah menjangkau Jakarta,” jelasnya

Meskipun di pinggir kota, Anda harus perhatikan akses menuju kawasan tersebut. Apabila kawasan tersebut dengan mudah dijangkau oleh KRL, MRT, LRT, atau jenis moda transportasi lainnya maka langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan bujet yang tersedia dan beragam indikator lainnya.

Pertama, menentukan kriteria rumahnya. Tujuan awal membeli rumah dekat dengan sumber moda transportasi salah satunya karena pertimbangan harga yang lebih terjangkau. Jadi, saat menentukan kriteria rumah sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan keuangan. Jangan tergoda dengan promo harga atau desain rumah yang bagus tapi harganya jauh lebih mahal.

Kedua adalah melakukan perbandingan. Setelah menemukan beberapa pilihan rumahnya, bandingkan pilihannya lewat review properti melalui portal-portal properti yang ada. Perhatikan beragam indikator pendukung. Mulai dari spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya.

Ketiga adalah melakukan survei langsung ke lokasi. Selain bisa mengetahui langsung kondisi lingkungan perumahannya, fasilitas dan potensi sekitar, konsumen juga bisa mengukur jarak tempuh dan mempelajari akses menuju stasiun kereta.

Keempat, pahami skema pembelian rumah tersebut. Apabila Anda berencana untuk membeli secara mengangsur, pastikan Anda memahami skema pembiayaan yang disediakan oleh pengembang dan pihak bank.

Terakhir, jangan terlalu tergoda dengan material promosi atau gimmick semata. Pasalnya, tidak semua hadiah gimmick benar-benar Anda butuhkan. Jadi jangan hanya karena hadiah setara 1-2 juta namun Anda tersandera selamanya.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top