Finance

Bergantung Pada Big Data, Home Credit Gesit Cari Data Scientist

Pengolahan dan pemanfaatan data yang masif atau yang kerap dikenal dengan istilah Big Data menjadi faktor penting bagi hampir semua pelaku industri untuk dapat terus bersaing di pasar. Tidak sedikit pula orang yang membicarakan data science, sebagai ilmu yang bergengsi di era Big Data ini. Menyikapi hal tersebut, Home Credit Indonesia hadir di Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mencari talenta muda tanah air khususnya di bidang data science lewat sebuah program Data Science Academy.

Secara umum data science merupakan penggalian atau dapat disebut mengekstrak data agar dapat difilter serta didapatkan data yang benar untuk menghasilkan produk data yang sebenar-benarnya. Data science sendiri merupakan gabungan dari inferensi data, pengembangan algoritmik, dan teknologi untuk memecahkan masalah analitik yang kompleks.

ā€œKeberhasilan dan perkembangan bisnis Home Credit di Indonesia tentunya didukung oleh talenta berbakat, solid dan tidak berhenti berinovasi yang sejalan dengan nilai-nilai perusahaan. Program Data Science Academy merupakan wujud komitmen Home Credit dalam mengembangkan sumber daya manusia di Indonesia,” terangĀ Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia.

Menurutnya program Data Science Academy akan difokuskan kepada talenta dengan latar belakang Matematika, Statistik, IT dan Teknik Komputer untuk nantinya ditempatkan di departemen Risk dengan masa program 10 bulan. Program ini bertujuan menciptakan Data Scientists dari putra-putri bangsa yang kompetitif di kancah internasional. Mereka akan mulai bergabung bersama Home Credit pada bulan Agustus 2019.

Syarat utama untuk berpartisipasi dalam Data Science Academy adalah harus menyukai angka dan memiliki pengetahuan dasar tentang SQL. Selain di ITB, Home Credit juga berkunjung ke beberapa universitas lainnya seperti Universitas Binus dan Institut Pertanian Bogor. Home Credit senantiasa menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat guna membantu pemerintah mengatasi tingkat pengangguran di Indonesia. Saat ini Home Credit telah mempekerjakan lebih dari 11.200 orang dan kehadiran Home Credit sudah ada di 141 kota di seluruh Indonesia.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top