Automotive

Honda NeuV, Mobil Konsep yang Bisa Menilai Emosi Pengemudi

Pengembangan dalam industri otomotif semakin mengarah pada penerapan teknologi berbasis listrik yang ramah lingkungan. Para produsen otomotif pun terus melakukan riset dan pengembangan produk-produk konsep berteknologi tinggi. Tak ketinggalan Honda yang di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 menampilkan Honda NeuV.

Honda NeuV adalah mobil masa depan berbasis listrik yang dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence. Mengusung konsep mobil commuter dengan fitur Honda Automated Network Assistant dan Autonomous Driving. Sehingga, mobil ini dapat beroperasi dengan sendirinya untuk ride-sharing atas izin pemilik saat tidak digunakan. Mobil ini juga dibekali kemampuan untuk mengisi daya listriknya sendiri saat low-battery secara otomatis.

Mobil konsep ini juga juga mengusung teknologi Emotion Engine dengan teknologi artificial intelligence dan fungsi otonomus.  Dengan teknologi tersebut, Honda NeuV dapat menilai emosi dan tingkat stres dari pengemudinya melalui mimik wajah dan intonasi suara, untuk kemudian melakukan berbagai penyesuaian sistem yang mendukung keamanan berkendara. Mobil ini juga dapat mempelajari gaya hidup pengemudi dan preferensi mengemudi untuk memberikan opsi yang sesuai demi mencapai komunikasi antara si pengendara dengan mobilnya.

Pada saat Student Day di GIIAS 2018, Honda mengenalkan teknologi Honda NeuV ke para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari berbagai daerah. Sebanyak 65 pelajar yang diundang di acara ini berasal dari sebagian sekolah kejuruan yang telah menjalin kerjasama dengan Honda melalui program Honda Transfer of Technology.

Melalui program tersebut, Honda telah mendonasikan mesin dan berbagai alat peraga untuk praktik, serta membuka kelas khusus untuk pendidikan teknisi Honda. SMK yang hadir di acara tersebut antara lain SMKN 8 Bandung, SMKN 3 Kuningan, SMKN 2 Cariu, SMKN 4 Bogor, dan SMKN 2 Tangerang Selatan.

“Aktivitas ini merupakan lanjutan dari komitmen kami untuk terus melakukan transfer teknologi bagi generasi muda Indonesia. Kami harap dengan memperkenalkan teknologi-teknologi baru ini, tidak hanya melengkapi pengetahuan para pelajar untuk siap terjun di dunia industri, namun juga memberikan inspirasi untuk menciptakan inovasi mobilitas di masa depan.” Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Honda NeuV dikembangkan atas kerjasama tiga pihak, yakni Honda R&D yang menyalurkan partisi untuk artificial intelligence, Honda Silicon Valley Lab yang menyalurkan partisi untuk digital payment, dan Honda R&D America yang bertanggung jawab untuk desain dan perakitan mobil. Secara keseluruhan, Honda NeuV memiliki wheelbase 1.930 mm, panjang 2.907 mm, lebar 1.622 mm dan tinggi 1.586 mm. Honda NeuV melakukan penampilan perdana pada ajang Consumer Electric Show (CES) di Las Vegas.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top