Media

Hughes: Facebook Harus Hentikan Monopoli

Sumber: 123rf

Dalam beberapa waktu terakhir, Facebook terus menghadapi sejumlah masalah. Mulai dari keamanan hingga kontrol konten yang diunggah atau dibagikan oleh pengguna ke dunia maya. Melihat hal tersebut, Co-Founder Facebook Chris Hughes menyarankan sudah waktunya bagi Facebook untuk berpisah, utamanya dengan sejumlah perusahaan yang berada bernaung di dalamnya.

Seperti diketahui, Facebook merupakan induk perusahaan dari WhatsApp dan Instagram. Bagi Hughes, akan lebih bijaksana jika Facebook benar-benar memperhatikan media sosial pertama mereka dengan sejumlah masalah yang perlu diselesaikan. Ia juga mengkritik CEO Facebook Mark Zuckerberg karena dianggap terlalu mementingkan klik sehingga mengorbankan keamanan.

Hughes merupakan teman Zuckerberg, sesama mahasiswa Harvard. Ia meninggalkan Facebook pada tahun 2007 untuk terlibat langsung dalam kampanye Barack Obama. Hughes mengatakan bahwa dirinya sudah tidak lagi memiliki kepemilikan di Facebook atau perusahaan media sosial lainnya.

Mengutip Korea Times, menanggapi kritik dari Hughes, Ketua Juru Bicara Facebook Nick Clegg mengungapkan, “Anda tidak bisa memaksakan akuntabilitas suatu perusahaan hanya dengan memisahkan sebuah perusahaan Amerika Serikat yang sangat sukses dengan sejumlah perusahaan yang bernaung di dalamnya. Akuntabilitas dari perusahaan teknologi hanya bisa didapatkan dengan ketekunan untuk memperkenalkan peraturan baru di internet. Hal itulah yang terus dilakukan Mark Zuckerberg.”

Hughes menyebut Facebook sebagai perusahaan monopoli yang harus segera melepaskan WhatsApp dan Instagram. Ia sendiri telah mencairkan sahamnya di Facebook pada tahun 2012. Saat itu, ia memilih menjadi penerbit dari The New Republic. Hughes juga kembali menegaskan, dirinya tidak berinvestasi di perusahaa media sosial mana pun.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top