Consumer Goods

Indofood Ketagihan Praktik Sports Marketing

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan brand untuk memperluas awareness hingga penjualan mereka, antara lain melalui aktivitas sports marketing. Seperti apa yang dilakukan PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood), usai ambil andil dalam gelaran Asian Games dan Asian Paragames tahun lalu, Indofood kini menggandeng klub sepak bola asal Jakarta, Persija.

Tak heran jika praktik sports marketing masih cukup diminati di Indonesia. Pasalnya, aktivitas ini menjadi hal yang masih banyak menarik perhatian masyarakat hingga saat ini. Terlebih, cabang olahraga bulutangkis dan sepak bola yang dapat menjadi platform bagi brand untuk terhubung dengan para pemirsanya.

Data yang dirilis Repucom Sports DNA tahun 2014 menyebut,77% populasi Indonesia menyukai sepak bola. Hal ini menempatkan Indonesia di urutan kedua sebagai negara dengan penetrasi fans sepak bola terbesar di dunia. Posisi pertama diraih Nigeria dengan penetrasi 83%.

Peluang ini mulai disoroti Indofood. Melalui brand Indomie, Indofood akan menjalin kerjasama sponsorship dengan Persija yang berhasil meraih prestasi tertinggi di kompetisi Liga I Indonesia 2019 sekaligus kompetisi Asia di tahun ini.

“Kami melihat adanya potensi dari dunia sepak bola di Indonesia. Sepakbola merupakan olahraga yang digemari oleh hampir seluruh lapisan masyarakat, sama dengan Indomie yang digemari jutaan masyarakat Indonesia. Indomie memilih sepak bola menjadi salah satu cara untuk mendekatkan brand dengan masyarakat,” jelas Lucy Suganda, General Manager Marketing Brand Indomie di Jakarta, Kamis (17/01/2019).

Musim ini, Indofood akan menjadi partner Persija di bidang F&B, selain logo Indomie yang akan berada di bagian depan jersey Persija musim 2019, brand Indofood lainnya seperti Popmie, Indomilk, Ichi Ocha, Chitato, Lays, Cheetos, Jetz, Doritos, Chiki dan La Fonte akan turut berpartisipasi di musim Liga I Indonesia 2019.

Alasan Indofood memilih Persija tak lain lantaran tim berjuluk Macan Kemayoran merupakan salah satu klub sepak bola dengan fans terbesar. Persija juga merupakan salah satu klub yang cukup memiliki sejarah panjang dalam kompetisi sepak bola Indonesia.

“Saya sangat senang dengan adanya kolaborasi yang terjalin antara Persija dan Indofood, khususnya Indomie pada musim tahun ini. Kami sekaligus bangga bisa berkolaborasi dengan Indomie yang memiliki imej bagus,” ujar Gede Widiade, Direktur Utama Persija.

Bukan kali pertama melakukan praktik sports marketing, Indofood telah lebih dulu mendukung deretan cabang olahraga nasional, seperti lari, basket, dan bulutangkis.

Tahun lalu, Indofood turut aktif memberikan dukungan pada perhelatan akbar olahraga dengan menjadi official partner Asian Games dan sponsor resmi Asian Paragames.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top