Career

Ini 5 Hal yang Perlu Diingat Anak Rantau Agar Karir Mulus

Ilustrasi: 123rf

Bagi sebagian orang, merantau ke daerah lain bukanlah sebuah pilihan, melainkan sebuah tuntutan. Baik itu untuk menuntut ilmu, membangun keluarga, ataupun untuk menjalankan tugas baru, termasuk saat memilih pekerjaan. Merantau memang merupakan sebuah proses yang baik dalam perjalanan hidup seseorang. Sebab dengan merantau, mental kamu akan lebih tertempa karena harus menjalankan segala sesuatunya seorang diri.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan perspektif baru dari orang-orang sekitar. Namun, seringkali banyak orang yang melupakan hal-hal penting selama ia merantau. Supaya kamu tidak jadi kacang yang lupa kulit, maka selalu ingat hal-hal berikut ini. Tentu, dengan mengingat hal-hal tersebut, karir kamu akan semakin mulus.

1. Orang tua

Segala kesibukan di daerah rantau, jangan sampai itu menyilaukan kamu dari orang tua. Orang tua adalah jangkar yang selamanya tidak bisa kamu lepaskan dari hidupmu. Kamu perlu ingat, orang tua adalah kunci kesuksesanmu di mana pun kamu berada. Jadi, selagi orang tua kamu masih ada, -jangan disia-siakan. Komunikasi dengan sambungan telepon pun sudah cukup untuk membahagiakan kedua orang tua.

Bila orang tua kamu masih menggunakan jalur telepon rumah, mungkin kamu bisa bantu meringankan dengan membayarkan biaya teleponnya. Terlebih lagi kini bayar Telkom semakin praktis dengan menggunakan aplikasi di smartphone. Atau setidaknya, berilah kabarmu kepada mereka.

2. Nilai dan kaidah dari daerah asal

Merantau ke daerah asing berarti kamu akan beradaptasi dengan nilai dan kaidah setempat supaya bisa diterima di lingkungan sekitar. Namun, terkadang penyesuaian ini menjadi kebablasan hingga turut mengadopsi hal-hal negatif yang ada di daerah tersebut. Kondisi ini semakin diperparah dengan melupakan kaidah dari daerah asal kamu. Sehingga begitu saat kembali ke rumah, kamu menjadi orang yang sama sekali berbeda. Sebab itu, tetap jaga nilai dan kaidah asal di mana pun kamu berada.

Perlu kamu ingat, kepribadian menjadi salah satu nilai yang paling dilihat oleh atasanmu di samping pencapaian performa.

3. Mengelola keuangan dengan lebih baik

Berada di daerah baru berarti tanggung jawab kamu semakin besar. Selain harus mampu menjaga diri, kamu pun diwajibkan untuk mengelola keuangan pribadi dengan baik dan benar. Tentunya kamu tidak ingin untuk kesulitan di akhir bulan bukan? Oleh karena itu, sebaiknya ingat bahwa sisihkan bukan sisakan. Selalu sisihkan dana di awal waktu, bukannya sisakan di akhir waktu. Jangan terlalu banyak habiskan uang untuk jajan mewah setiap saat. Jangan lupakan masa depanmu.

4. Tujuan awal merantau

Coba diingat kembali apa tujuan kamu merantau dulu. Tanyakan kepada diri kamu sendiri, “apakah saya sudah menjalankan kewajiban saya?” Sebab, ketika merantau kamu akan dihadapkan berbagai hal yang bisa membuat kamu melenceng dari tujuan awal. Apabila kamu lengah, bisa jadi masa depan kamu yang jadi taruhan.

5. Teman-teman di daerah asal

Ketahuilah bahwa teman-teman di daerah asal kamu akan selalu antusias untuk bertemu kembali denganmu. Meski kamu mendapatkan teman-teman baru saat sedang merantau, teman-teman yang mungkin lebih menyenangkan, tapi jangan sampai kamu melupakan teman lama. Hal ini penting demi karir kamu lho!

Bisa saja, nanti teman lamamu ini menjadi partner bisnis atau rekan kerja, bahkan atasan kamu di kantor. Nah, dengan banyaknya media sosial, kini berhubungan dengan kawan lama pastinya jadi lebih murah dan mudah. Jadi, keep in touch ya!

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top