AMS 2018 Leaderboard
Lifestyle

Ini Cara Terbaik Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Sumber Gambar: healthwantcare.com

Mengkonsumsi buah dan sayur adalah kebutuhan setiap manusia. Tubuh mutlak membutuhkan keseimbangan nutrisi agar tetap fit. Namun, mengkonsumsi buah dan sayur sering menjadi kendala karena dari segi rasa yang banyak kurang bisa diterima. Akibatnya, banyak buah dan sayur yang dikreasikan menjadi berbagai kudapan.

Namun, apakah hal tersebut baik untuk dikonsumsi? Yang sudah pasti, nutrisi dan vitamin yang sudah tidak maksimal. Lalu bagaimana cara mengkonsumsi buah dan sayur yang terbaik? Simak tips berikut.

Pertama, cara terbaik untuk mengkonsumsi buah dan sayur adalah dalam kondisi mentah. Di kondisi ini, nutrisi dan vitamin pada buah dan sayur masih utuh untuk dikonsumsi. Tidak ada nutrisi dan buah yang menguap atau teroksidasi.

Kedua, tidak terkena panas. Meski dalam kondisi mentah, buah dan sayur tidak bisa terkena panas dengan suhu tinggi atau nutrisi dan vitamin yang terkandung bisa menguap. Hal ini bisa dilihat dari perubahan warna ketika buah dan sayur mengalami perubahan suhu yang lebih tinggi. Jadi, merebus buah dan sayur meski terlihat sehat, tetap ada nutrisi dan vitamin yang terbuang. Suhu terbaik berada di suhu 10 sampai 14 derajat celcius.

Ketiga, tidak terkena udara. Pada buah dan sayur yang sudah dipotong atau dikupas akan mudah teroksidasi akibat udara. Oleh sebab itu, jangan dibiarkan terlalu lama di udara bebas, khususnya akibat oksigen. Lihat saja daging apel yang sudah dikupas akan berubah warna menjadi coklat akibat teroksidasi.

Keempat, juicing. Menurut tim Rejuve -brand minuman jus, juicing menjadi cara terbaik dan menyenangkan dalam mengkonsumsi buah dan sayur. Meski itu ada beberapa catatan untuk membuat jus buah dan sayur, yaitu tidak ditambahi gula dan gula sehingga membutuhkan kuantitas yang banyak. Tentu semua dalam kondisi mentah.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top