Mshop-leaderboard-mobile
Transportation & Logistic

Ini Hasil MoU Antara Bukalapak dengan TIKI

Ini Hasil MoU Antara Bukalapak dengan TIKI Foto-5
Photo Credit: Dok. Bukalapak

Perusahaan e-commerce Bukalapak menggandeng perusahaan logistik PT Citra van Titipan Kilat atau TIKI. Kerja sama ini bertujuan untuk mengoptimalisasi jasa layanan pengiriman barang para pelapak di seluruh Indonesia.

Co-Founder dan CFO Bukalapak Muhammad Fajrin Rasyid mengatakan, sebagai perusahaan e-commerce, keberadaan perusahaan logistik atau kurir sangat penting bagi bisnis Bukalapak yang saban harinya harus mengantar barang dari pelapak kepada pelanggan.

Fajrin bilang, kerja sama ini akan memberikan keuntungan bagi pelapak yang saat ini diklaim mencapai 1,7 juta pelaku UKM dengan lebih dari 3,8 juta produk. Dari angka itu, sekitar 550.000 pelapak aktif menggunakan TIKI sebagai jasa kurirnya.

“Para pelaku UKM harus terus terhubung dari sisi logistik agar pendistribusian barang bisa menyebar secara luas di berbagai daerah-daerah dan desa di luar Pulau Jawa yang belum mendapat layanan pengiriman barang yang mudah dan terjangkau,” kata Fajrin.

Meski demikian, Fajrin melanjutkan, adanya kerjasama ini tak berarti pengiriman barang di Bukalapak sepenuhnya menggunakan TIKI. Jasa pengiriman barang menggunakan perusahaan logistik lainnya tetap tersedia.

“Kami membebaskan pelapak menggunakan logistik apapun. Sebab,¬†pelapak sendiri ada yang sudah punya kerjasama dan pilihan dengan logistik tertentu. Namun, untuk yang TIKI ini, ada diskon yang diberikan,” aku dia.

Direktur Utama TIKI Yulina Hastuti menuturkan, kerjasama dengan Bukalapak menawarkan promo diskon khusus bagi pelapak yang menjadi member TOOZ TIKI. Selain itu, terdapat sederet fitur dan layanan khusus bagi pelapak, di antaranya penyediaan layanan pick up dan fitur kode booking.

Fitur kode booking, lanjut Yulina, akan memudahkan pelapak mengirim barang dalam jumlah banyak ke berbagai penerima. Ia bilang, selama ini pelapak harus datang ke agen dan input lagi pengirimannya di konter agen.

“Dengan fitur booking ini, pelapak jadi lebih dimudahkan. Saat ini, masih tahap integrasi dengan sistem TIKI dan segera diimplementasikan dalam waktu dekat,” kata dia.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top