Mshop-leaderboard-mobile
Government & Public Services

Ini Tantangan Berat Indonesia dalam Persaingan Global

Ini Tantangan Berat Indonesia dalam Persaingan Global 54625896_xxl
Photo Credit: www.123rf.com

Tahun 2015 menjadi tahun yang sangat penting bagi generasi muda Indonesia. Kesepakatan bersama negara-negara yang tergabung dalam ASEAN di akhir tahun  2015 memberikan harapan bagi generasi muda sebagai pelengkap cita-cita bangsa Indonesia.

Ditandai dengan masuknya negara ini di pasar bebas menjadikan Indonesia sebagai pusat perhatian dalam persaingan industri global, berbagai peluang dan tantangan terbuka lebar di era ini.  Rakyat Indonesia masih sangat perlu beradaptasi dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Masalah-masalah ekonomi dan sosial dalam negeri, seperti tingginya tingkat kemiskinan, besarnya jumlah pengangguran, ketimpangan distribusi pendapatan, proses pembangunan yang tidak merata antara daerah perkotaan dan perdesaan, serta masalah urbanisasi menjadi tantangan yang cukup riskan dewasa ini. Tingkat pelaku usaha yang sangat rendah di Indonesia dinilai merupakan salah satu faktor masalah ekonomi dan sosial ini terjadi. Sehingga, proyeksi Indonesia menjadi negara yang kuat dan maju di tahun 2030 cukup sulit direalisasikan apabila peran setiap elemen yang ada di masyarakat kurang bersinergis.

Melihat kondisi ini,  Ikatan Kekeluargaan Pelajar Mahasiswa Indonesia (IKAMI) Sulsel Cabang Bandung sebagai salah satu organisasi kepemudaan di Jawa Barat melihat peluang dan tantangan ini sehingga melaksanakan kegiatan Seminar Entrepreneurship Nasional. Seminar tersebut dilaksanakan dengan menggunakan konsep seminar & talkshow pada tanggal 8-9 November 2016 di Telkom University, Bandung, Jawa Barat.

Salah satu kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh IKAMI Sulsel Cabang Bandung ini merupakan program kerja rutin yang diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap kualitas sumber daya manusia. Kegiatan yang  dihadiri oleh mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah ini dikolaborasikan dengan penampilan salah satu tarian budaya yang ada di Sulawesi Selatan.

Kegiatan seminar Entrepreneurship Nasional yang didukung oleh KADIN Jawa Barat diisi oleh sederet pengusaha. Beberapa pengusaha tersebut antara lain Halim Kalla selaku CEO Haka Group, Sattar Taba sebagai Direktur Utama PT. KBN Persero yang juga Ketua Umum BPP KKSS, Agung Suryamal Sutisno seorang pengusaha asal Jawa Barat dan juga sebagai Ketua Umum KADIN Jawa Barat. 

Most Popular








To Top