Lifestyle

Ini Waktu Terbaik Periksa Gula Darah Saat Puasa

Photo Credits: myrylife.com

Penderita diabetes tetap bisa menjalankan puasa pada kondisi tertentu. Namun, menaati sejumlah aturan dari ahli kesehatan merupakan keharusan agar kesehatan tetap terjaga. Salah satu hal yang harus diperhatikan antara lain mengatur jadwal pemeriksaan gula darah. Lalu, kapan sebenarnya waktu terbaik memeriksa gula darah saat berpuasa?

Spesialis penyakit dalam RSCM Em Yunir mengatakan pemeriksaan gula darah diperlukan guna menjaga kadar gula dalam batas normal sekaligus mencegah kadar gula rendah (hipoglikemi). Bagi penderita diabetes, Yunir mengatakan terdapat titik-titik krusial untuk mengetahui puasa yang berisiko dan tidak.

“Waktu yang dimaksud yakni sebelum berbuka puasa dan dua jam setelah berbuka, sebelum tidur, sebelum sahur dan di tengah hari,” ungkap Yunir di Jakarta, Rabu (30/05/2018).

Ia menjelaskan, kadar gula darah normal pada tubuh sebelum makan berkisar 70-130 mg/dL. Lalu, dua jam setelah makan, kurang dari 180 mg/dL. Setelah tidak makan atau berpuasa selama setidaknya delapan jam kurang dari 100 mg/dL.

Memastikan kadar gula darah saat berpuasa sangat penting diperhatikan. Pasalnya, ketika seseorang mengalami kekurangan gula darah maka dapat terjadi berbagai gejala, seperti perasaan mudah lapar, pusing, keringat dingin, berkunang-kunang, bahkan bingung.

Yunir mengatakan, kondisi ini juga dapat mengganggu jantung yang bisa berakibat pada terjadinya serangan jantung. Jadi, sudahkah Anda memeriksa kadar gula darah di waktu yang tepat?

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top