Media

Inilah Sepuluh Iklan Terpopuler Sepanjang Tahun 2018

Iklan menjadi salah satu elemen penting untuk memasarkan sebuah produk. Dengan menggunakan iklan, produk akan lebih dikenal dengan target pasar. Iklan juga bisa membuat konsumen merasa lebih terhubung dengan sebuah produk. Dengan demikian, konsumen memiliki ketertarikan untuk menggunakan produk.

Tidak hanya sebagai alat untuk memikat daya tarik konsumen, iklan juga bisa berperan sebagai tren. Hal ini jugalah yang mendorong Google untuk mendata iklan-iklan terpopuler setiap tahunnya. Seperti yang rutin dilakukan sebanyak enam bulan sekali setiap tahunnya, Google kembali merangkum iklan yang berhasil memiliki popularitas paling tinggi di kanal YouTube di Indonesia periode Juli-Desember 2018.

Popularitas pengguna YouTube sepanjang tahun 2018 tercatat sangat luar biasa. Muriel Makarim, selaku Marketing Manager Google Indonesia mengatakan bahwa active monthly user atau pengguna yang minimal satu bulan sekali login ke akun YouTube meningkat sangat pesat. Memiliki perbandingan angka yang cukup jauh dari tahun 2017.

“Dalam catatan pengguna di Indonesia, YouTube mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Pada tahun 2018 ini monthly active user-nya mencapai 74 juta subscriber. Angka ini meningkat 1,5 kali lipat dari tahun 2017,” jelas Muriel di konferensi pers yang diadakan di kantor Google Indonesia, Pacific Century Place, Kawasan SCBD Kamis, 31 Januari 2019.

Angka pengguna YouTube yang meningkat, menurut Muriel juga didukung dengan perubahan-perubahan yang dialami YouTube. Menurutnya, konten YouTube yang semakin beragam dan pertumbuhan kreativitas content creative juga mempengaruhi kepopuleran kanal ini.

Dengan angka kepopuleran yang sangat tinggi, YouTube kini dapat dikategorikan sebagai kanal dengan kemampuan engagement iklan yang cukup tinggi. Tidak heran jika iklan di YouTube berlomba-lomba untuk menjadi yang populer.

Pada periode Juli-Desember 2018, Google mencatat iklan YouTube paling populer diraih oleh Tokopedia. Iklan yang menggandeng beauty vlogger populer Tasya Farasya tersebut berhasil meraih angka 9,8 juta penonton yang tidak melewati iklan ketika ingin menonton video di YouTube. Angka ini menjadi hal yang fantastis dan menandakan tingkat engagement iklan YouTube sangat tinggi.

Di bawah Tokopedia, Google merilis iklan terpopuler kedua diraih oleh Samsung Indonesia: Galaxy Note9 Vlogcation with Agung Hapsah. Di tempat ketiga ada Habis PD Terbitlah Asik #SemuaJadiAsik milik Daihatsu, diikuti oleh AFTER.11 | Official Trailer (2018) | Dian Sastrowardoyo dari Bukalapak, ABC Anti Maper ft. Ipang Lazuardi, Pocari 7 –Sweat For Your Dream, Dongeng musikal NIVEA #SentuhanIbu, Yummy Bites with Raphael Moeis, Axelerate the series EP 1 dari Axe Indonesia, dan posisi sepuluh diisi oleh Nestle LACTOGROW – Happy Song dari Nestle.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top