Technology

Instagram Siapkan Alat Pencegah Bullying

Photo Credits: endgadget

Kebebasan berekspresi dan mengutarakan pendapat di media sosial kerap membawa dampak negatif, seperti kasus perundungan (bullying). Komentar-komentar bermuatan kebencian kerap beredar bebas dan tak jarang meresahkan para pengguna.

Berupaya mengatasi hal ini, Instagram tengah menguji coba sejumlah tools pencegah tindakan perundungan. Dilansir dari Antara, Head of Instagram Adam Mosseri mengatakan, Instagram ingin menjadi pemimpin di dunia internet untuk maelawan perundungan.

Upaya ini dimulai dengan mempersiapkan tool “nudge” baru yang akan memperingatkan pengguna jika mereka hendak berkomentar negatif. Alat ini akan menyensor dan menghentikan perundungan sebelum itu terjadi.

Selain itu, Instagram juga memungkinkan pengguna mereka untuk menentukan batasan interaksi yang bisa dilakukan dengan pengguna lain. Melalui “Kelola Interaksi”, pengguna dapat menentukan batasan pengguna lain untuk berinteraksi dengan mereka tanpa perlu memblokir sepenuhnya.

Selain persoalan perundungan, ketergantungan akan Instagram kerap menjadi momok negatif bagi sebagian orang. Ketidakmampuan untuk mengelola waktu penggunaan Instagram dinilai menghambat aktivitas di dunia nyata.

Untuk itu, Instagram merancang fitur “away mode” yang mendorong pengguna untuk berhenti sejenak ketika terlalu lama menggunakan Instagram. Tanpa perlu menghapus akun Instagram, fitur ini dapat memberikan peringatan mengenai jeda waktu penggunaan Instagram mereka.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top