Technology

Intip Kebiasaan Upgrade PC Bagi Para Gamer

Riset dari Lenovo menemukan mayoritas gamer menghabiskan waktu dan usahanya untuk meningkatkan performa PC mereka agar bisa memenuhi standar kebutuhan gaming. Sebanyak 85% gamer sudah memiliki daftar aspek dan bagian yang ingin mereka upgrade.

Rata-rata, tiap orang melakukan dua kali perubahan di PC nya untuk meningkatkan pengalaman bermain. Cara utama dan paling sederhana adalah dengan mengubah volumenya. Ada banyak game di mana hanya dengan mengubah setting sound  sudah bisa menghasikan pengalaman suara yang menyatu dan meningkatkan daya saing. Gamer profesional bisa menentukan jenis senjata dan posisi musuh hanya dengan suara.

Upgrade terbesar kedua adalah mengubah GPU. Ini dipandang sebagai cara terbaik untuk memperpanjang usia desktop gaming mana pun. Gamer juga mengatakan mereka melakukan penyesuaian pada touchpad dan keyboard, atau mengatur akses network untuk game agar dapat memaksimalkan konektivitas dan menimalisir potensi gangguan.

Men-tweak setting seperti overclocking CPU atau menyesuaikan kecepatan kipas menjadi pilihan upgrade lainnya. Ada tiga aspek utama yang paling ingin di-upgrade, antara lain RAM, CPU, dan GPU. Selanjutnya ada layar.

Belakangan ini, muncul teknologi yang bisa mensinkronisasi refresh rate layar ke current frame rate yang dihasilkan GPU. Ada juga monitor melengkung dan fitur desain lainnya seperti lighting dan USB hub yang menjadikan upgrade lebih beragam. Cooling menjadi fitur lain yang penting bagi gamer, mengingat kerumitan untuk meng-upgrade kipas atau menambah water cooling.

Editor: Sigit Kurniawna

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top