Consumer Goods

Banyak Pria Tak Percaya Diri, AXE Pilih Self-Esteem Jadi Topik Kampanye

Photo Credits: AXE

Siapa bilang percaya diri hanya menjadi persoalan yang membelenggu kaum hawa? Nyatanya, survei yang dilakukan AXE kepada sejumlah pria di lima kota besar di Indoensia menemukan hanya tiga dari sepuluh pria Indonesia yang berani menyatakan diri mereka tampan.

Seorang pengamat gaya hidup pria menemukan, masih banyak pria di Indonesia yang tidak percaya diri dengan penampilan mereka lantaran stereotip yang ada di masyarakat. Menanggapi hal ini, AXE yang berada di bawah payung Unilever meluncurkan kampanye #GantengCaraGue sebagai upaya untuk meningkatkan self-esteem kaum adam di Indonesia.

Senior Brand Manager AXE Raditya Beer mengatakan stereotip lama mengenai standar ketampanan seorang pria yang masih dihubungkan dengan tampilan fisik dan pembawaan yang macho menjadi alasan banyak pria tidak merasa tampan. Alhasil, stereotip semacam ini menuntut cowok untuk berubah menjadi orang lain demi diterima oleh lingkungan.

“Selain itu, banyak cowok yang belum sadar kalau cara menampilkan ganteng bisa kita tentukan sendiri. Ganteng itu sebenarnya soal percaya diri. Saat seorang cowok merasa pede bahwa dirinya ganteng, maka kegantengan itu otomatis akan terpancar bukan cuma dari penampilan, tapi juga dari banyak hal, mulai dari perilaku, cara bicara, dan lain-lain,”kata Raditya di Jakarta, Jumat (08/02/2019).

Dalam survei yang dilakukan AXE ditemukan, mayoritas pria merasa butuh untuk dinilai tampan supaya bisa lebih percaya diri untuk mencapai tujuan hidup, bergaul lebih baik dengan lingkungan, dan membuat hubungan dengan pasangan berjalan lebih baik.

AXE kemudian menginisiasi gerakan bernama #GantengCaraGue sebagai upaya membangkitkan self-esteem para pria. Melalui gerakan ini AXE ingin mengangkat sebuah misi baru, yakni menjadi brand produk men’s grooming yang bisa membuat cowo Indonesia tampil dan merasa ganteng sesuai dengan versi mereka masing-masing.

“Meskipun jumlah pria yang aktif mencari produk perawatan tubuh di internet bertambah tiga kali lipat pada 2018 dibandingkan tahun sebelumnya, banyak dari mereka yang sebenarnya masih asing dengan konsep grooming. Melalui gerakan ini, AXE ingin menginspirasi bahwa grooming adalah bentuk kepedulian cowok terhadap diri sendiri, dan menjadi salah satu modal utama dalam menumbuhkan rasa pede untuk merasa ganteng,” jelas Radit.

Sebagai inspirasi, AXE menggandeng tiga brand ambassador baru yang dinilai memiliki ketampanan versi berbeda, yakni Jefri Nichol, Garindra Bimo dan Justin Jess No Limit.

“Ganteng versi saya adalah saat pria memiliki standpoint kuat terhadap isu sekitar. Tidak hanya fokus pada karir dan having fun, saya ingin berkontribusi terhadap masalah sosial yang ada di sekitar saya,” ungkap Jefri saat mengkampanyekan #GantengCaraGue.

Berbagai pendapat dari ketiga brand ambassador ini akan disebarkan melalui media sosial dan mengundang para pria lain untuk bergabung menyuarakan pendapat mereka soal #GantengCaraGue.

Gerakan #GantengCaraGue diperkuat dengan rangkaian produk AXE men’s grooming yang di-branding dapat membuat para pria merasa tampan di luar maupun di dalam. AXE yang selama ini dikenal sebagai brand body spray, kini hadir dengan varian yang sama dalam format body wash (AXE Dark Temptation, AXE Black). Hadir pula empat varian AXE Face Wash (AXE Deep Clean Black Foam, AXE Ice Chill Gel Foam, AXE White + Polished Scrub, AXE ACNE Protect Pure Foam).

Untuk lebih menjawab kebutuhan kaum pria, AXE turut menghadirkan rangkaian produk hairstyling (AXE Hairstyling Clean Cut Pomade, AXE Hairstyling Matte Wax, AXE Slick Back Shine Gel,dan AXE Extreme Hold Gel).

“AXE percaya bahwa gerakan ini dan seluruh produk men’s grooming-nya bisa membantu pria Indonesia untuk mengekspresikan ganteng versi mereka masing-masing tanpa adanya tekanan dari dalam maupun luar. Join the movement, and be proud of your own handsomeness,” tutup Radit.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top