Mshop-leaderboard-mobile
Lifestyle & Entertainment

Jakarta Fashion Week Antarkan Desainer ke Panggung Mode Dunia

Jakarta Fashion Week Antarkan Desainer ke Panggung Mode Dunia JFW-2-1
Photo Credits: LEKAT di Hati

Gelaran Jakarta Fashion Week (JFW) menjadi salah satu jalan bagi desainer Indonesia untuk memperkenalkan karya mereka ke dunia internasional. Tahun ini,  JFW berhasil mengantarkan delapan desainer Indonesia Fashion Forward (IFF) melenggang di lima panggung pekan mode dunia.

“Tidak hanya itu, JFW juga menjembatani tujuh desainer IFF lain melenggang di empat panggung pekan mode dunia Maret lalu,” kata Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week di Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Proyek IFF yang menjadi platform bagi JFW bermitra dengan berbagai pihak diungkapkan Lenni telah membantu desainer Indonesia melenggang ke panggung mode internasional, LEKAT salah satunya. Melalui project kemitraan JFW bersama British Council, LEKAT berhasil memasuki ajang Fashion Scout AW17 dalam rangkaian London Fashion Week 2017.

Menyusul LEKAT, desainer IFF I.K.Y.K dan Peggy Hartanto pun melenggang di Virgin Australia Melbourne Fashion Festival 2017 Maret lalu. Rani Hatta dan Bateeq melenggang di Amazon Fashion Week Tokyo 2017, Ria Miranda dan SOE Jakarta di Seoul Fashion KODE Fall/Winter 2017.

Prestasi lain datang dari desainer perempuan Novita Yunus. Tak ketinggalan, Novita pun melenggang di Amazon India Fashion Week Autumn/Winter 2017. Dalam waktu dekat, ia akan segera tampil kembali dengan berkolaborasi bersama Nisha, desainer usungan Fashion Design Council of India. Tidak berhenti di situ, Novita juga dijadwalkan berbagi panggung dengan desainer kontemporer Nitin Bal Chauhan asal India.

Torehan prestasi desainer IFF juga terlihat di ajang mode International Woolmark Prize 2016 Paris. Ajang ini merupakan salah satu ajang mode ternama yang telah mencetak sejumlah nama besar seperti Yves Saint Laurent dan Karl Lagerfeld. TOTON adalah desainer IFF yang berhasil menembus babak final International Woolmark Prize 2016 Paris untuk kategori busana wanita.

Tidak hanya fokus pada desainer dan perajin, JFW tahun ini dikatakan Lenni juga fokus terhadap pengembangan dunia model. Bersama Korea Model Association, JFW akan datang ke empat kota besar di Indonesia untuk menggelar Jakarta Fashion Week Model Search. Lenni mengatakan, sekitar seribu peserta dinyatakan lolos kualifikasi awal. Lebih dari itu Lenni menerangkan, lima model terpilih juga mewakili Indonesia di ajang Asia Model Festival 2017 di Korea Selatan.

“Kami berharap dengan kehadiran bermacam-macam desainer dan talent yang mengisi Jakarta Fashion Week tahun ini akan memacu kreativitas para stakeholder. Harapannya, akan tercipta karya, kolaborasi, bahkan mungkin inspirasi baru bagi partner untuk menciptakan inovasi baru bagi produk-produk mereka,” ungkap Lenni.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

Most Popular








To Top