Transportation & Logistic

Jakarta Raih Penghargaan Kota dengan Perbaikan Transportasi Umum Terbaik Dunia

Sumber: 123RF

DKI Jakarta baru saja mendapatkan kabar baik. Kota ini berhasil meraih penghargaan tahunan dari Sustainable Transport Award (STA). Diumumkan di Fortaleza, Brazil. Penghargaan ini didorong dengan pembangunan sistem transportasi umum yang dinilai semakin baik di Jakarta.

Dalam Sustainable Transport Award, DKI Jakarta dianugerahkan Honorable Mention. Penghargaan transportasi perkotaan tingkat dunia ini menyandingkan Jakarta dengan dua kota lainnya, yaitu Kigali di Rwanda dan Pune di India. Ketiga kota ini berhasil unggul dari total 15 kota di yang masuk ke dalam nominasi. Termasuk mengalahkan kota-kota dari negara maju seperti Kota Richmon, Amerika Serikat dan Kingston, Kanada dalam aspek integrasi transportasi umum dalam kota.

Dilansir dari data STA, Jakarta masih berada di posisi 15 besar pada tahun 2019 dari 200 kota besar dunia. Namun, progres perbaikan sistem transportasi umum, trotoar, dan jalur jalan sepeda yang signifikan mengantarkan Jakarta untuk mendapatkan penghargaan ini. Menurut laman STA, Transjakarta memiliki porsi yang besar dalam menyumbang keefektifan integrasi transportasi di Jakarta.

“Transjakarta merupakan (Bus Rapid Transit) BRT pertama di Asia. Pada tahun 2018, jumlah armada hampir dua kali lipat dibandingkan dengan peluncuran pertamanya. Jakarta juga menginisiasi sistem koneksi  bus feeder yang memiliki lebih dari 35 rute untuk memperluas jangkauan Transjakarta,” tulis STA dalam deskripsi transpotasi Jakarta.

Penilaian penghargaan ini berdasarkan bisi, konsep, dan eksekusi yang dijalankan setiap kota. Penilaian ini dilakukan oleh komite yang terdiri dari lembaga-lembaga global seperti Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), World Bank, International Council for Local Enviromental Initiatives (ICLEI), Clean Air Asia, Codatu, lain sebagainya.

Tidak hanya Transjakarta, faktor lain yang mempengaruhi penilaian adalah dengan hadirnya MRT tahap pertama di Jakarta. MRT dinilai berhasil menambah efektivitas integrasi transportasi umum. LRT yang sudah membuka percobaan publik juga berhasil menjadikan Jakarta sebagai kota dengan perbaikan transportasi umum terbaik di dunia.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top