Markas Kaskus Leaderboard
Technology

Jangan Salah, Ketahui Lima Jenis Iklan di Google

Photo Credit: Doc. Google Adwords

AdWords, platform iklan Google, telah menjadi mesin yang menggerakkan penjualan online untuk banyak perusahaan baik skala besar, menengah, dan kecil. Platform AdWords memiliki beberapa format iklan, yaitu search dan display. Yang paling sederhana dan mudah dikenali adalah format iklan teks yang tampilbiasanya di laman muka mesin pencari Google.

Contoh iklan teks di Google Search

Menurut penelitian American Economic Association, sebuah bisnis atau usaha akan menghasilkan pendapatan rata-rata US$ 2 untuk setiap US$ 1 yang dibelanjakan di AdWords. Tentu saja, hasil bervariasi tergantung setiap bisnis.

Namun, banyak dari mereka menghabiskan uang di AdWords tanpa mengetahui siapa yang mereka targetkan, berapa harga penawaran yang terbaik, dan cara mengukur revenue mereka.

Ada lima tipe ads yang detailnya diungkapkan oleh Mel Silva, Managing Director Go-To-Market Strategy & Operations Google Asia Pacific.

  1. Search ads

Search ads bisa dibilang sebagai medium respon langsung paling efisien dan efektif yang pernah diciptakan. Ads diperlihatkan hanya apabila konsumen ingin melihatnya dan pengiklan akan dikenakan biaya hanya apabila iklan tersebut diklik konsumennya.

  1. Display ads

AdSense yang diluncurkan pada tahun 2003 adalah cara Google membantu publishers untuk bergabung dalam Google Display Network dan menghasilkan pendapatan dari konten mereka. Teknologi kami memahami konten dalam sebuah page atau situs dan mencocokan iklan yang ada dengan page atau situs tersebut.

  1. AdMob

AdMob membantu publishers menghasilkan uang dari aplikasi dengan adanya iklan. “Universal App Campaigns” digunakan oleh developers untuk mempromosikan aplikasi mereka di Google Play, Search, YouTube, dan di lebih dari tiga juta situs dan aplikasi dalam Google Display Network. Dengan memanfaatkan Artificial Inteleigence (AI), pengiklan bisa mengotomasi kapan dan di mana iklan akan ditampilkan.

  1. YouTube

Beragam produk iklan tersedia di YouTube termasuk iklan “TrueView” yang dapat dilewati sehingga pengiklan hanya membayar apabila iklan mereka ditonton. Selain iklan video, Google juga menyediakan iklan pencarian di YouTube.

  1. DoubleClick.

DoubleClick menyediakan tools bagi publishers dan pengiklan serta AdExchange yang menghubungkan pembeli dan penjualnya. Teknologi DoubleClick menganalisa miliaran sinyal (tanda) untuk membuat keputusan dalam beberapa detik mengenai iklan apa yang harus dipasang di suatu tempat dan harganya.

“Ads menjadi sesuatu yang penting karena iklan membuat Internet tetap gratis dan terbuka seperti saat ini,” kata Mel.

Akan tetapi, ekosistem iklan harus dapat digunakan oleh semua orang. Seluruh bisnis Google, aku Mel, mengandalkan keseimbangan yang tepat antara pengguna, mitra, dan pengiklan.

MARKETEERS X

Most Popular

HOMEDEC Ads
IIMS 2018 Ads







To Top