SMEMBA 2018 Leaderboard
Finance

Jawab Beribu Persoalan Lelang, Legoas Jajaki Pasar Lelang Online

Peminat mobil bekas di Indonesia terus mengalami kenaikan konstan setiap tahunnya, meskipun mayoritas transaksi jual beli masih didominasi oleh pola transaksi konvensional di antaranya melalui diler ataupun showroom. Lelang pun menjadi salah satu cara alternatif untuk jual-beli mobil bekas yang mulai diminati masyarakat, walau saat ini yang menggunakan lelang masih terbatas di kalangan tertentu.

Melihat peluang tersebut, Legoas sebagai perusahaan balai lelang berbasis pada sistem e-auction menawarkan solusi bagi konsumen yang ingin jual atau pun beli mobil bekas. Sistem ini pun dikembangkan seiring dengan jamaknya persoalan yang hadir di sistem lelang konvensional. Permasalah mulai dari penipuan, lelanga yang terbatas pada orang yang datang di balai lelanh, sering terjadi intimidasi, bahka. Ada lelang di dalam lelang sering ditemui.

“Besaran pasaran ini bisa mencapai 3 kalinya dari nilai pasar mobil baru. Namun harus dikembangkan dengan sistem yang benar,” ujar Jacob Anthonius Margareta, Chief Executive Officer PT. Digital Sarana Legoas kepada awak media beberapa waktu lalu di kantornya.

Menurut Jacob, pasar ini akan semakin besar jika dikembangkan secara online. Pasalnya, dengan medium tanpa batas, siapa saja bisa ikut lelang tanpa harus hadir di suatu balai lelang seperti balai lelang konvensional. Legoas pun menyiapkan infrastruktur dan sistem yang aman untuk cara baru ini.

“Demi mendukung hal ini, Legoas telah mempersiapkan infrastruktur dengan memperhitungkan keamanan aset yang disimpan dan memberikan fasilitas bagi kepuasan konsumen. Seperti, lahan penyimpanan asset sebesar 1 hektar, 25 titik indoor dan outdoor CCTV, penjagaan keamanan 24/7, wilayah pencucian, dokumentasi, penilaian unit, aula lelang, kantin, dan kiosk,” imbuh Jacob.

Fitur Di Legoas

Untuk mempermudah semua proses yang berlangsung serta menjaga transparansi, Legoas telah menyiapkan 3 fitur pilar yakni:

INSYS–’e inspection system

Sistem digunakan untuk menilai sset yang dimiliki dengan tujuan mendapatkan harga market yang baik dan transparan. Melibatkan konsep, sistem dan pihak-pihak yang berkompetensi dalam penilaian, INSYS dapat digunakan oleh setiap perusahaan sebagai bagian dalam prosesnya atau untuk melihat nilai asetnya.

TACS- total auction services

Layanan yang dapat digunakan oleh pemilik aset, untuk menitipkan assetnya yang akan dilelang mulai dari penyerahan, inspeksi, pelaksanaan lelang hingga aset tersebut terjual melalui lelang. TACS adalah suatu paket dimana terdapat proses persiapan, INSYS, warehousing, dan logistik yang akan dikenakan biaya jika unit tidak terlelang.

AMS- Auction Management System

Ketika pemilik asset hanya memerlukan sistem untuk membantu menjual assetnya melalui sistem lelang, maka AMS menjadi solusi terbaik yang menghubungkan antara pemilik barang dan calon pembeli dengan proses yang transparan. Legoas akan membantu proses persiapan dan pelaksanaan lelang sesuai dengan jadwal dan tempat yang diinginkan oleh pemilik aset.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top