Mshop-leaderboard-mobile
Technology

Jika Berhasil dalam Setahun, Otenta Diprediksi Jadi Unicorn

Jika Berhasil dalam Setahun, Otenta Diprediksi Jadi Unicorn otenta

Satu lagi market place yang hadir meramaikan e-commerce Indonesia, Otenta. Mengambil positioning sebagai platform yang berdedikasi bagi produk ciptaan anak bangsa, Otenta optimistis memperluas eksistensi produk Indonesia di pasar internasional. Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf bahkan memprediksi, Otenta dapat menjadi Unicorn Indonesia.

Transaksi start-up e-commerce di Indonesia berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika berhasil mengumpulkan total transaksi mencapai Rp 200 triliun pada tahun 2015. Sebesar 5% dari total nilai transaksi ini merupakan kontribusi dari produk dalam negeri.

Berangkat dari fakta minimnya kontribusi produk lokal dalam transaksi e-commerce, Founder Otenta Anton Liu di Jakarta, Selasa (15/08/2017) mengatakan, Otenta hadir sebagai wadah bagi pengusaha lokal untuk memasarkan produknya.

Menurut Anton, Otenta menghadirkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga peritel ternama di Indonesia. Saat ini, terdapat sekitar 120 merek asli Indonesia dengan 3.000 ragam jenis produk, seperti fesyen, kuliner, interior, dan desain.

“Ada potensi pasar yang begitu besar bagi brand lokal untuk berkembang, termasuk UMKM,” kata Anton. Ia menerangkan, sekitar 60% produk yang ditawarkan Otenta berasal dari kemitraan Otenta bersama UMKM.

Triawan mengatakan, pemerintah telah mengeluarkan roadmap bagi e-commerce sehingga mereka tidak perlu lagi meraba. “Kurasi saat ini sangat penting bagi keberhasilan market place, termasuk Otenta,” ujar Triawan.

Ia menambahkan, jika Otenta dikelola dengan baik dalam satu tahun, market place ini dapat menambah deretan Unicorn Indonesia, menyusul Go-Jek dan Traveloka.

Meski saat ini Otenta hanya dapat diakses melalui laman website dan mobile site www.mobilesite.com, Anton menjelaskan Otenta akan merilis aplikasi resmi mereka di Android Google Playstore pada Maret 2018, disusul Apple Store pada Juni 2018.

Di awal kehadirannya, Otenta bermitra dengan salah satu perusahaan BUMN, Bank BTN. Kerja sama ini menurut Direktur Distribusi dan Network Bank BTN (Persero) Budi Satria merupakan bagian dari strategi Bank BTN dalam program Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang disokong Kementerian BUMN.

Tidak hanya Bank BTN, Otenta juga digandeng beberapa perusahaan lokal lain, seperti Bank Tabungan Pensiun Nasional (BTPN), Sarinah, Sriwijaya Air, dan Sido Muncul.

Pada Desember 2018, Otenta menargetkan diri meraih funding dari Venture Capital. “Kami menargetkan Otenta memperoleh kerjasama 20-30 bank di akhir tahun 2018,” tutur Anton optimistis.

Dapatkah Otenta mencapai target-targetnya dan menyusul kesuksesan Go-Jek dan Traveloka?

Editor: Sigit Kurniawan

 

Most Popular








To Top