Lifestyle

Kalahkan Penyakit dengan Kurangi Stres

Sumber: 123rf

Semua penyakit ada obatnya, ungkapan tersebut tentu tak asing lagi di telinga Anda. Namun mengubah pola hidup menjadi salah satu yang penting untuk membantu proses penyembuhan. Hal tersebut dijelaskan oleh Rupy Aujla, salah satu dokter dari National Health Service (NHS) Inggris.

Menghindari stres menjadi salah satu cara terdekat untuk mengobati penyakit atau menghindarinya. Dilansir dari Dailymail, Aujla membaginya ke dalam dua tahap, yaitu proinflamasi dan antiinflamasi. Dalam tahap proinflamasi sendiri, kamu diminta untuk meminimalisir sejumlah kebiasaan buruk. Sedangkan antiinflamasi merupakan anjuran sebaliknya dari proinflamasi.

Apa saja yang perlu diperhatikan untuk memulai hidup lebih sehat sesuai anjuran Aujla? Berikut merupakan hal-hal penting dalam tahap proinflamasi.

1. Hindari Diet Fiber

Hindari diet dengan jumlah serat yang kurang. Serat sangat dibutuhkan bagi tubuh. Bukan hanya untuk melancarkan pencernaan, tapi juga bagus untuk menurunkan kolesterol serta mencegah diabetes.

2. Periksa Kandungan Nutrisi

Makanan yang kamu konsumsi haruslah memiliki kualitas bagus.Kamu bisa memulainya dengan menggantikan lemak hewani dengan lemak yang didapatkan dari kacang dan biji-bijian. Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi banyak sayur dan buah yang memiliki warna cerah.

3. Kurangi Konsumsi Gula Berlebihan

Sekarang kamu bisa menemukan banyak produk pemanis. Bisa dengan gula jagung yang diketahui memiliki kandungan lebih baik dari gula biasa. Selain gula, penting pula untuk mengurangi konsumsi karbohidrat berlebihan.

Tiga cara yang telah disebutkan di atas yang berkaitan dengan makanan yang kamu konsumsi. Aujla juga menambahkan bahwa memperbaiki pola tidur, mengurangi konsumsi antibiotik, serta melakukan olahraga sederhana dapat membantu memaksimalkan upaya kamu menghindari stres. Tertarik untuk mulai mengikuti saran Aujla?

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top