MarkPlus Conference 2019

MarkPlus Conference 2019
Lifestyle

Kamu Mau Melunasi Kredit dengan Cepat? Coba Lakukan Hal-hal Berikut

Ilustrasi: 123rf

Kredit merupakan salah satu pilihan yang paling sering dilakukan oleh seseorang saat mengalami masalah keuangan. Namun, perlu kamu ketahui jika ternyata kredit umumnya bukan hanya menjadi solusi, namun juga menjadi bom waktu bagi debitur karena kadang ketika memutuskan untuk berutang, mereka tidak menghitung risiko jangka panjang yang mungkin terjadi. Apalagi, ketika mengajukan pinjaman online.

Kredit tentunya tidak bisa juga dikatakan sebagai sebuah pilihan yang selalu berakibat buruk. Alasannya, mungkin kredit jadi satu-satunya jalan bagi seseorang yang sedang membutuhkan uang secara mendesak. Memang ketika waktunya tiba dan kamu sudah harus membayar kredit pinjaman, itu akan terasa memberatkan bagi debitur.

Lalu apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk dapat melunasi kredit yang sudah terlanjur diambil?
Berikut ini beberapa tips cerdas agar bisa melunasi kredit dengan cepat.

1. Prioritaskan Membayar Kredit yang Memiliki Bunga Tertinggi
Jika kamu memiliki lebih dari satu produk kredit, maka bayarlah terlebih dulu kredit yang memiliki bunga paling tinggi agar bisa mengurangi beban kredit kamu. Jika membayar kredit secara acak, maka kredit dengan bunga tinggi akan membebani kamu dengan nilai bunganya.

2. Beralih ke Pinjaman Dengan Bunga Rendah
Jika kamu memiliki banyak utang yang terdapat pada kartu kredit atau cicilan bank, bisa jadi karena kamu membayar bunga yang terlalu banyak. Sebaiknya kamu menghubungi bank yang berkaitan, periksa cicilan kredit dan carilah opsi lainnya, seperti memilih produk pinjaman bunga rendah.

Beberapa orang biasanya memilih untuk mengkonsolidasikan pinjaman yang mereka punya ke satu pembayaran dalam satu tagihan. Hal ini akan mempermudah karena dalam tagihan akan tertera berapa total jumlah utang dan bunganya yang harus kamu bayar. Tapi hati-hati, jangan sampai biaya kredit yang rendah malah membuat situasi semakin buruk karena adanya kredit utang baru.

3. Mencari Pekerjaan Paruh Waktu
Untuk membayar utang, tentunya kamu harus mendapatkan uang tambahan lainnya. Pekerjaan paruh waktu misalnya, bisa memberikan kamu penghasilan tambahan.

Kamu bisa mencari pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan keahlian di luar jam kerja utama. Atau kamu bisa juga bisa berbisnis online dengan menjual barang-barang di beberapa toko online.

4. Sisihkan Uang Gaji
Waktu yang paling pas untuk melunasi utang sering kali ketika uang gaji telah diberikan oleh atasan. Tapi, masalahnya terkadang seseorang yang memiliki utang merasa tidak rela untuk memberikan uang yang baru diterima kepada kreditur.

Perlu kamu ingat, lebih baik melunasi utang dan kamu ke depannya sudah tidak perlu memikirkannya lagi. Dibandingkan uang ada di tangan namun kamu akan terus merasa dikejar utang. Ingat bagaimanapun utang itu harus dibayarkan, baik cepat atau lambat. Jadi, sebaiknya membayarlah saat kamu mendapatkan uang, yaitu saat baru gajian.

5. Gunakan Tabungan atau Dana Darurat
Jika kamu mempunyai tanggungan kredit namun tergesa-gesa untuk segera melunasinya. Gunakanlah tabungan atau dana darurat yang kamu punya. Setiap orang tentunya mempunyai uang cadangan yang sudah dipersiapkan untuk digunakan pada saat yang mendesak. Opsi ini bisa menjadi solusinya.

6. Jual Barang Berharga
Agar utang cepat lunas, tidak ada salahnya untuk jual barang berharga yang kamu punya. Ini merupakan cara melunasi utang yang terbilang cepat untuk dapat uang. Apalagi kalau ternyata barang yang kamu punya tidak benar-benar dibutuhkan. Coba jual barang-barang kamu lewat Pegadaian atau situs jual beli online lainnya untuk mendapat dana tambahan agar proses pelunasan utang kamu bisa terbantu.

7. Kurangi Pengeluaran
Ketika Anda sedang mempunyai utang, tentu ada yang harus dikorbankan. Salah satu yang paling mungkin untuk dikurangi adalah banyaknya pengeluaran bulanan. Tanpa disadari sebenarnya kamu mempunyai banyak sekali biaya bulanan yang jika dipangkas pasti bisa untuk mencicil kredit kamu. Misalnya saja, jika kamu suka nongkrong, kamu bisa mengurangi kegiatan itu.

Lalu, apabila kamu menggunakan produk sehari-hari yang mahal seperti pasta gigi seharga Rp 30 ribuan, carilah produk pengganti yang lebih murah. Sebenarnya pasti ada, jika kamu mau mencari.
Dengan cara ini, selisih dari biaya bulanan yang biasa dikeluarkan bisa disisihkan untuk membayar kredit. Tentunya nilainya akan sangat membantu.

Lakukan ini setidaknya sampai kredit yang kamu punya lunas. Nanti setelah keuangan kamu kembali stabil, kamu bisa kembali menggunakan produk dan melakukan hobi kamu seperti biasanya.

Semoga utangmu segera lunas!

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top