Grapeshot Leaderboard
Lifestyle

Kata Innisfree Soal Pasar Kecantikan Korea dan Indonesia

INNISFREE
Photo Credits: viagraphic.kr

Pasar kecantikan Korea Selatan tengah menjadi lirikan dunia. Ada berbagai macam brand kecantikan asal negeri ginseng yang kini berekspansi ke berbagai negeri, tak terkecuali Innisfree. Berada di bawah naungan Amorepacific, Innisfree menyusul sejumlah sister product mereka berekspansi ke Indonesia. Lalu, seperti apa pengalaman Innisfree melihat perbedaan pasar kecantikan Indonesia dengan Korea Selatan?

Pasar Kecantikan Indonesia Lebih Muda

Dibandingkan dengan konsumen di Korea Selatan, Innisfree menemukan pasar kecantikan di Indonesia didominasi oleh kalangan yang lebih muda.

“Indonesia adalah pasar yang unik. Pasar ini memiliki pertumbuhan customer yang potensial karena mayoritas adalah kalangan yang masih muda. Perempuan dengan usia 24-25 tahun sangat banyak di sini, tidak seperti Korea atau Jepang,” ungkap Brand General Manager Innisfree Mark Hwang kepada Marketeers beberapa waktu lalu.

Perbedaan Skin Concern

Perempuan Korea dan Indonesia dikatakan Mark memiliki perbedaan dalam hal skin concern. Lantaran Korea Selatan memiliki empat musim, perempuan di wilayah ini cenderung memilih produk sesuai dengan kondisi cuaca atau musim yang terjadi.

Berbeda dengan perempuan di Korea Selatan, perempuan Indonesia tidak begitu peduli dengan seasonal issue. “Karena di Indonesia hanya ada dua musim, perempuan Indonesia lebih peduli terhadap cleaning issues,” terang Mark.

Road Shop Store VS Shopping Mall

Ada perbedaan bisnis model yang digunakan Innisfree di Korea Selatan dan di Indonesia. Di Korea Selatan, mereka fokus dengan Road Shop Store. Mark mengatakan, ada sekitar enam ribu hingga tujuh ribu produk berbeda yang ditawarkan Innisfree di satu store mereka di Korea Selatan.

“Tidak hanya memiliki space yang luas untuk memajang produk kami, namun kami juga memberikan experience bagi customer yang datang untuk menikmati shopping dan juga untuk memperkenalkan brand kami dan apa yang kami tawarkan,” ungkap Mark.

Lain Korea, lain Indonesia. Tidak identik dengan Road Shop District seperti di Korea Selatan, tempat belanja di Indonesia didominasi dengan Mall besar. menyesuaikan dengan pasar, Innisfree pun memilih lokasi shopping mall untuk menjangkau target market mereka.

Trendy & Fast Changing

Konsumen perempuan muda di Indonesia dikatakan Mark begitu trendi dan fast changing. Seiring dengan penggunaan media sosial yang juga tinggi di Indonesia, Mark mengatakan hal ini berpengaruh pada kecepatan perubahan tren yang terjadi. Perempuan Indonesia cenderung lebih terbuka untuk menerima berbagai tren kecantikan baru yang masuk.

Brand kecantikan di sini harus memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan secara cepat, termasuk changing promotion setiap bulan. Berikan strong message dan pastikan brand dapat membangun environment yang menyenangkan bagi customer,” ungkap Mark.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top