Mshop-leaderboard-mobile
Opinion

Keberuntungan Tidak Datang Sendiri, Tapi Dibangun Oleh Trust

keberuntungan
Kredit foto: Nugroho Setiawan - Marketeers

Pernahkan berpikir untuk menjelaskan sebuah ide kepada seseorang yang tidak dikenal, apalagi ide yang tergolong nyeleneh mepet ke gila? Jangankan kepada orang yang tidak dikenal, kepada rekan dekat pun kadang ada sesuatu yang mengganjal.

Lalu apa yang sebenarnya membuat sebuah ide gila bisa diterima? “Jangan lupakan trust, it is the most important ingredient to share your crazy idea,” ujar Rob Wolcott, Co-Founder & Executive Director KIN di acara KIN ASEAN Forum 2017 di Jakarta pada Rabu (6/12) 2017.

Tentu saja membagi ide nyeleneh akan lebih tepat kepada rekan yang sudah sangat dikenal. Kenal baik artinya sudah ada trust yang terbangun antara pemilik ide dengan orang yang akan mendengarkan ide.

Tanpa trust, baik itu rekan apalagi orang asing, siapapun tidak akan mendengar ide seseorang. “Trust is important to devine you are not crazy,” sambung Rob. Lebih jauh lagi, trust adalah modal penting untuk membangun relasi dengan seseorang, baik lama atau pun baru. Tanpa trust tidak akan ada relasi.

Kata trust ini rupanya yang membawa Rob bisa membangun jaringan inovasinya dari Kellogg ke belahan dunia lain, termasuk ASEAN. Menurutnya, seseorang boleh saja menunggu keberuntungan datang kepadanya.

Namun keberuntungan yang biasanya datang tanpa diduga tidak perlu ditunggu dengan sendirinya. Rob yakin hal itu bisa ditentukan oleh diri sendiri, “Anda keluar rumah, bangun network, dan buat keberuntungan Anda sendiri. Jangan menunggu. Kembali lagi, Anda butuh trust. Anda bangun trust, artinya membangun keberuntungan Anda sendiri,” tutupnya.

Most Popular








To Top