Government & Public Services

Kemenpar Kembangkan UKM Pariwisata dengan Wonderful Startup Academy

Kemenpar  Kembangkan UKM Pariwisata dengan Wonderful Startup Academy kemenpar

Ada banyak cara dalam mengembangkan potensi-potensi pariwisata di Indonesia. Seolah tidak pernah kehabisan cara, Kemenpar merilis sebuah wadah kreatif untuk membina UKM atau startup yang khusus di bidang pariwisata di Indonesia. Wadah ini dinamai Wonderful Startup Academy (WSA) yang dilaunching pada acara Wondeful Wow Night di Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Indonesia saat ini memiliki banyak koperasi dan UKM dengan jumlah total kurang lebih 50 juta. Bagi Arief, tak mungkin aset sebanyak itu bisa dikelola dengan cara-cara biasa. “Koperasi ingin kami kelola dengan pendekatan korporasi seperti perusahaan,” ujar Arief.

WSA ini berlangsung berkat kerjasama antara dua kementerian, yakni Kementeria Pariwisata dan Kementerian Koperasi dan UKM yang didukung oleh MarkPlus dan PT Telkom Indonesia. Akan ada sepuluh startup yang akan dibimbing dalam akademi ini yang akan dimulai dari Januari hingga September 2017.

Harapannya, dengan adanya WSA ini, banyak UKM berbasis turisme makin berkembang dan pada ujungnya industri pariwisata di Indonesia makin berkembang dan memberi manfaatkan bagi masyarakat luas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular








To Top