Government & Public Services

Kemkominfo Targetkan Seribu Startup di Indonesia

Sumber: 123rf

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membuka pendaftaran program pembinaan “Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital”. Menargetkan kaum milenial, hingga akhir tahun 2019, diharapkan puluhan ribu anak Indonesia dapat bergabung. Gerakan ini dibuat sebagai wadah untuk merealisasikan mimpi besar generasi penerus bangsa lewat solusi digital.

Gerakan ini hadir dengan tampilan baru setelah selama tiga tahun berjalan. Kemkominfo membawa konsep untuk perluasan skala serta peningkatan kualitas pengembangan startup digital. Termasuk di dalamnya bekerja sama dengan kementerian dan lembaga lain, juga mitra lokal.

Selain itu, kurikulum dari program ini juga telah mengalami revisi. Program pembinaan ini menerima para pendaftar dari usia 18 sampai 40 tahun. Mereka yang memiliki niat dan semangat membangun usaha digital dapat mendaftarkan diri.

“Gerakan ini bukan sekolah. Tapi, upaya untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital. Terlebih lagi, di Indonesia masih banyak peluang untuk menciptakan solusi permasalahan sehari-hari. Mulai dari pertanian, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya,” ujar Staf Khusus Menteri Komifo Bidang Ekonomi Digital Lis Sutjiati.

Program ini akan dilaksanakan di 10 kota selama enam bulan. Di dalamnya terdapat pembekalan banyak materi. Seperti networking, konsultasi terkait model bisnis, strategi marketing produk, serta sesi mentoring mendalam. Sejak dibentuk pada tahun 2016 silam, tercatat sudah ada lebih dari 40.000 entrepreneur yang mendaftarkan diri dan berpartisipasi dalam program ini.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top