Lifestyle & Entertainment

Kesehatan Finansial Sama Pentingnya Dengan Kesehatan Fisik

Di era modern, konsep hidup sehat tidak hanya perkara fisik. Saat ini, konsep hidup sehat sudah merambah pada kesehatan mental dan finansial. Kesehatan mental seseorang akan berpengaruh pada kesehatan fisik. Kesehatan finansial akan memiliki dampak pada kesehatan mental dan ujungnya pada kesehatan fisik.

Hasil riset Analisis Beban Penyakit Nasional dan Sub Nasional Indonesia Tahun 2017 yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes) bekerjasama dengan Institute For Health Metrics and Evaluation (IHME) mengungkap bahwa 70% kematian dini di Indonesia disebabkan oleh penyakit tidak menular (PTM). Faktor penyakit tidak menular terkait erat dengan pola hidup tidak sehat, seperti makan tidak seimbang dan kurangnya aktivitas fisik.

Sedangkan dari sisi finansial, hasil survey nasional literasi dan inklusi keuangan 2016 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat baru 27% masyarakat usia produktif yang memiliki tabungan masa depan. Studi berjudul Healthy, Wealthy and Wise: Retirement Planning Predicts Employee Health Improvements menemukan bahwa orang-orang yang memiliki perencanaan keuangan dan mempersiapkan masa tua, cenderung mengambil langkah hidup sehat untuk menjaga kesehatan fisik mereka. Artinya, ketika seseorang memiliki kesadaran akan pentingnya memiliki masa depan yang baik, ia akan mempersiapkan kebutuhan dasar berupa kesehatan fisik serta finansial, dengan lebih matang.

Menurut Psikolog Roslina Verauli, dalam buku Psychology Applied to Modern Life. Adjustment in the 21st Century disebutkan bahwa masalah finansial merupakan chronic stressor (sumber stres yang berkepanjangan).

Kondisi stres akan mempengaruhi sistem fisiologis. Tubuh akan menghasilkan dua jenis hormon, yakni catecholamines dan corticosteroids, yang menekan sistem kekebalan tubuh sehingga seseorang mudah sakit. Semakin lama stres berlangsung, kemampuan tubuh untuk bertahan terhadap stres akan menurun hingga tubuh kelelahan dan kolaps

“Sangat penting bagi masyarakat khususnya generasi produktif untuk dapat mengelola kondisi finansialnya agar terbebas dari chronic stressor yang mengganggu kesehatan tubuh. Sebagai kebutuhan dasar yang perlu dipenuhi, kesehatan fisik dan finansial penting bagi generasi produktif agar mampu menampilkan potensi diri terbaik mereka,” jelas Roslina

Editor: Sigit Kurniawan

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top