Resource & Energy

Ketika Produsen Kimia Terbesar BASF Bermain dengan Anak Kecil

Apa yang bisa dilakukan oleh salah satu perusahaan kimia terbesar di dunia kepada anak-anak? Nampaknya, perusahaan asal Jerman BASF punya agenda rutin yang menarik dalam memperkenalkan ilmu kimia kepada generasi cilik.

BASF melakukan kegiatan tanggung jawab sosial dengan menggandeng anak-anak sebagai stakeholder-nya. Kegiatan yang disebut BASF Kids’ Lab ini adalah proyek global mereka yang dimulai di Jerman sejak tahun 1997.

BASF Kids’ Lab adalah program edukasi untuk anak-anak usia 6-12 tahun untuk meningkatkan minat dan ketertarikan mereka terhadap sains, terutama ilmu kimia.  Melalui pengalaman yang menyentuh dan bermain, BASF Kids’ Lab membuat kimia menjadi nyata dan mengesankan bagi anak-anak.

Daniel Loh, President Director BASF Indonesia mengatakan, wilayah Asia Pasifik mulai menjalankan kegiatan Kids’ Lab sejak tahun 2002 dan telah diluncurkan di 17 negara. Kini, lebih dari 300 ribu anak pernah mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut.

“Tema setiap tahun berbeda-beda. Kali ini mengenai Water Love Chemistry, untuk memberikan pesan bahwa air merupakan salah satu sumber daya alam yang paling penting utama untuk manusia,” ujar dia.

Ia melanjutkan, tema yang dpilih setiap tahun harus sesuai dengan Target Pembangunan Keberlanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) dari PBB tentang pendidikan berkualitas.

Dia menekankan, BASF berupaya untuk memberikan pemahaman bahwa sains kimia bisa dijadikan solusi bagi masalah lingkungan. Kelangkaan air bersih misalnya, dapat diselesaikan dengan menerapkan ilmu pemurnian air bersih yang merupakan ranah dari sains kimia. “Misalnya, water purification, yang mana anak-anak belajar membuat ‘air kotor’ mereka sendiri kemudian menghilangkan partikel padat serta terlarut di dalam air tersebut agar kembali bersih,” papar dia.

BASF memulai investasinya di Indonesia sejak tahun 1976. Kini, rangkaian produk dan solusi BASF untuk pelanggan di Indonesia meliputi petrokimia, monomer, intermediet, dispersi & resin, care chemicals, nutrisi dan kesehatan, kimia kinerja, katalis, kimia konstruksi, pelapis dan bahan kinerja serta solusi pertanian.

BASF yang berkantor pusat di Jakarta telah didukung oleh empat fasilitas produksi yang berlokasi di Cengkareng, Cikarang, Cimanggis dan Merak. BASF Indonesia mencatat penjualan sebesar 512 juta euro pada tahun 2017 dan mempekerjakan sekitar 672 orang karyawan hingga tahun lalu.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top