SMEMBA 2018 Leaderboard
Consumer Goods

Kino Youth Innovator Award 2018 Lahirkan Orang Muda Inovatif

Kino Youth Innovator 2018

PT Kino Indonesia, Tbk (Kino) punya cara menarik untuk menggalang ide kreatif dari kalangan anak muda. Bertajuk Kino Youth Innovator 2018, Kino membuat kompetisi ide-ide terbaru dari generasi muda. Ajang ini bertujuan untuk memotivasi generasi muda agar berani berinovasi, menemukan sesuatu yang baru yang bermanfaat bagi masyarakat. Kompetisi ini pun diadakan sebagai kompetisi tahunan yang diikuti oleh mahasiswa berbagai univeritas di Indonesia.

Setelah melalui serangkaian acara, yaitu roadshow ke lebih dari 20 universitas di Indonesia serta babak seleksi, Kino Youth Innovator (KYIA) 2018  sampai kepada puncaknya, yaitu tahapan grand final. Tahapan seleksi yang dibuka sejak bulan Mei hingga Juni 2017, berhasil mengumpulkan 327 proposal yang berasal dari 39 universitas di seluruh Indonesia.

Dari proposal yang terkumpul, diseleksi 10 proposal untuk maju ke babak Grand Final, dan hasilnya KYIA 2018 ini dimenangkan oleh Hibar Syahrul Gafur, perwakilan dari Institut Teknologi Bandung.

“KYAI diadakan berlatar belakang dari semangat inovasi yang telah dilakukan oleh Kino dalam setiap proses kerjanya. Semangat inovasi ini berhasil membuat Kino menjadi perusahaan lokal yang dikenal di Indonesia, bahkan berhasil merambah ke dunia internasional,” kata Budi Santoso, Product Innovation Director PT. Kino Indonesia, Tbk dalam siaran persnya.

Pada tahun ketiga ini, KYIA 2018, berhasil mengumpulkan 327 proposal dari 39 universitas. “Kami sangat kagum atas ide-ide inovasi yang disubmit oleh para mahasiswa. Semuanya out of the box dan secara lugas mengeksplorasi kekayaan alam Indonesia, sesuai dengan tema tahun ini, yaitu Empower Life Through Nature,” cerita Budi.

Dari 307 proposal tersebut, terpilihlah sepuluh finalis dari sembilan universitas yang masuk ke dalam babak final, yaitu perwakilan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Airlangga, Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas.Makasar, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), dan Universitas Brawijaya. Penilaian pun dilakukan hingga keluar tiga pemenang utama dan dua pemenang harapan.

“Bagi saya, Kino Youth Innovator Award ini merupakan kompetisi inovasi yang terselenggara sangat baik dan dapat menjadi wadah inovasi bagi anak muda Indonesia. Salut bagi PT Kino Indonesia, Tbk yang telah menginisiasi, ini contoh perusahaan yang bukan hanya berbisnis, namun juga peduli untuk menumbuhkan semangat inovasi bagi penerus bangsa,” ujar Dino Pati Djalal, Chairman of the Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global (IDN- Global).

Selanjutnya, ide inovasi dari para pemenang akan dikaji, dieksplorasi, serta dipersiapkan lebih matang, sehingga ke depannya dapat diadaptasi menjadi salah satu produk Kino.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top