AMS 2018 Leaderboard
Career

Kisah Pelapak Bukalapak Tebar Manfaat di Pontianak

Hery, Pelapak asal Pontianak yang berdayakan masyarakat sekitar

Menjadi seorang marketeer bukan sekadar berbicara soal bisnis mencari keuntungan. Menjadi marketeer juga bisa memberikan beribu manfaat kepada orang banyak. Seperti yang dilakukan oleh Hery, seorang pebisnis online yang gemar memasarkan hasil karya para pengrajin asal Dayak, Pontianak dan sekitarnya hingga kaum disabilitas.

Ditemui di kediamannya, Hery yang memasarkan produk-produk asli Pontianak yang juga merupakan daerah asalnya, mengaku terinspirasi oleh semangat para seniman budaya di sana.Bermodal pengetahuannya soal bisnis online, Hery pun menjajakan produk kerajinan khas Pontianak dan Dayak, tidak terkecuali kreasi para kaum disabilitas.

SalahSalah produk yang sangat menarik adalah kerajinan tenun ikat Sintang dari Dayak Sintang. Bukan hanya unik dan otentik, butuh perjalanan selama delapan jam bagi Hery untuk mendapatkan produk ini dari pengrajin.

“Banyak pengrajin di sini yang karyanya sangat bagus namun tidak memiliki akses pasar yang luas. Saya pun banyak berkeliling untuk mencari karya-karya menarik bernilai jual tinggi,” ujar pemilik akun @hery_angel di Bukalapak ini.

Melalui akun Bukalapaknya ini, Hery memasarkan beragam produk khas Pontianak, mulai dari makanan, kerajinan, hingga aksesoris. Selain yang di atas, Hery juga menemukan kreasi aksesoris gelang resam khas Putussibau, daerah yang berjarak sekitar 16 jam perjalanan menggunakan mobil, atau kerajinan kayu kapuak khas Bengkayang yang telah masuk ke pasar Malaysia.

“Saya sangat suka konten khas Pontianak. Pasarnya pun sangat bagus, hingga ke luar negeri. Sebagai pemasar tidak melulu soal untung-rugi, tapi menebar semangat berwirausaha. Begitu juga di kalangan disabilitas yang tidak boleh ditinggalkan,” tutup Hery.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top