Mshop-leaderboard-mobile
Opinion

Kofi Annan Ajak Bisnis Saling Kerjasama Untuk Kemakmuran Bersama

Mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Kofi Annan resmi menutup perhelatan AdAsia di Nusa Dua, Bali, Jumat (10/11/2017). Hadir sebagai penutup Kofi Annan menekankan pentingnya kawasan Asia dalam tingkat global. Baginya, Asia merupakan mesin utama global ekonomi, dan juga tempat hadirnya teknologi, inovasi, dan wirausaha. Sebagai mesin utama perekonomian, Kofi Annan mengingatkan pentingnya pelaku bisnis di Asia untuk mempererat kemitraan.

“Tingkatkan kebersamaan dan kerjasama untuk kemakmuran bersama. Kerjasama juga perlu diperluas ke beragam sektor untuk mempromosikan kemakmuran bersama,” terangnya.

Ia juga menekankan pentingnya pelaku bisnis untuk peduli kepada lingkungan seperti yang tercantum dalam Sustainable Development Goals (SDGs). Oleh sebab itu pelaku bisnis selaku bisa menciptakan masyarakat yang inklusif juga perlu memastikan bahwa bisnis mereka bisa memberikan dampak yang berkelanjutan.

Kofi Annan Ajak Bisnis Saling Kerjasama Untuk Kemakmuran Bersama 1DSP1729-683x1024

“Saya mengajak pelaku bisnis buat bikin produk dan layanan yang bisa mengajak¬† konsumen mereka dan masyarakat untuk menggunakan energi terbaharukan,” jelas Kofi Annan.

Semenjak tidak lagi menjadi Sekjen PBB, Kofi Annan masih berupaya untuk tetap bisa mendedikasikan dirinya untuk hal-hal positif dalam kemajuan dunia global, baik secara ekonomi, politik, dan sosial. Baginya saat ini suka atau tidak suka adalah era tentang pluralisme dan perbedaan. Oleh sebab itu, ia menganjurkan agar tiap orang bisa saling mendengarkan satu sama lain.

Ia mengingatkan, tren teknologi saat ini harus bisa disikapi secara bijak. Baginya tidak masalah bahwa teknologi akan semakin memudahkan masyarakat, tetapi harus diperhatikan bila pada nantinya teknologi akan menggantikan peran masyarakat yang ujungnya adalah hadirnya golongan-golongan yang kehilangan lahan pekerjaaannya.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top