Communication

Koki dari Lezatnya Kampanye Digital Merek

Oppo FindX by Jet Commerce raih The Digital Marketing Campaign of the Year - Marketeers Editor's Choice Award 2018

Menjalankan bisnis tak selamanya bisa dilakukan seorang diri oleh perusahaan. Ketatnya persaingan, cepatnya perubahan karakter konsumen, dan perkembangan digital membuat banyak merek kewalahan. Tak jarang, pemilik merek meminta bantuan pihak ketiga atau jamak disebut agensi untuk membantu beragam aktivitas mereka. Misal, agensi periklanan, Public Relations, dan lainnya. Melihat kondisi ini, Jet Commerce mengambil peran sebagai end-to-end one stop e-commerce solution.

Dalam layanannya, Jet Commerce menawarkan optimalisasi online marketing strategy dan online performance dari sebuah brand. Layaknya seorang koki, Jet Commerce bekerja di belakang dapur dan menciptakan makanan yang enak. Sehingga, brand sebagai pemilik restoran bisa menyajikannya kepada pelanggan.

“Fokus dari bisnis kami adalah memperkaya pengalaman orang berbelanja online dan meningkatkan penjualan brand secara online. Kami pun bermisi mengembalikan dua kali lipat dari apa yang diinvestasikan pelanggan kepada kami,” ujar Agustina Putri Wijaya, Marketing Director PT Global Jet Ecommerce.

Agustina menyebutkan bahwa bisnis mereka melingkupi dua segmen, business-to-business (B2B) dan business-to-consumer (B2C). Pada B2B, Jet Commerce menjadi konektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKM) siap ekspor dengan kanal Alibaba.com. Di B2C, Jet Commerce melayani digital campaign para merek di Indonesia. Salah satu contoh kisah sukses mereka adalah kampanye peluncuran produk Oppo FindX -yang didapuk sebagai The Digital Marketing Campaign of the Year – Marketeers Editor’s Choice Award 2018.

“Melalui Oppo FindX, kami ingin menyampaikan pesan dan membangun brand image Oppo sebagai hi-end brand secara online. Di sini, Oppo ingin meningkatkan positioning merek mereka. Dari yang diposisikan sebagai merek untuk kelas menengah, menjadi kelas lebih premium,” lanjut Agustina.

Agustina melanjutkan, Jet Commerce pun dipercaya oleh Oppo untuk menangani program pre-order dari Oppo FindX. Jet Commerce pun memilih Lazada sebagai exclusive partner untuk pre-order tersebut. Selanjutnya, Jet Commerce membuat beragam aktivitas, mulai dari membuat konten iklan, penempatan di berbagai online channel, key opinion leader (KOL) hingga media social management. Tak hanya itu, Jet Commerce juga berperan pada Search Engine Optimization (SEO) di Lazada, product packaging, pengiriman, hingga menguatkan program customer-relationship management (CRM) di post event.

Hasilnya, kuota tiga hari sebanyak 500 unit habis dipesan dalam 6 menit. Lazada pun merasakan dampak positif dari sisi pengunjung pada official store Oppo. Jika sebelum acara pre-order official store Oppo mencatatkan 6.000 user, saat pre-order meningkat menjadi 50.000 user. “Dan, pasca event ini sekitar 8.000 user. Lebih dari itu, Oppo berhasil membuka pasar baru bagi mereka, untuk segmen FindX. Oppo FindX membidik fashion enthusiast dan konsumen yang tech savvy dengan kemampuan berbelanja smartphone di rentang harga Rp 10 sampai Rp 20 juta,” tutup Agustina.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top