MarkPlus Conference 2019

MarkPlus Conference 2019
Technology

Kolaborasi InstaMarket dan GO-FOOD Untuk Kemajuan UMKM

Pertumbuhan pelaku bisnis, khususnya di skala UMKM, makin besar. Sementara, kanal-kanal untuk melakukan penjualan dan pemasaran juga makin banyak dan bervariasi berkat digitalisasi. Melihat perkembangan tersebut, Instagram kembali menyelenggarakan acara InstaMarket. InstaMarket merupakan tempat untuk para pelaku usaha bisa belajar, bertukar kisah sukses dan berbagi inspirasi.

Pada InstaMarket yang kedua ini, Instagram bekerjasama dengan GO-JEK selaku penyelenggara GO-FOOD Festival untuk menghadirkan sepuluh bisnis dari Jakarta, Bandung, dan Jogjakarta yang telah meraih sukses di Instagram, yaitu @lunahabit, @jummakids, @by__djo, @lemarilila, @mensrepublicid, @callathelabel, @thebathbox, @nood.cosmetics, @kandurastudio, dan @tigahhome, di mana mereka akan memajang kiat sukses berbisnis di Instagram kepada para pengunjung. Selain itu, InstaMarket juga membuka delapan kelas pelatihan untuk 500 mitra GO-FOOD dan meja konsultasi Instagram Help Desk gratis bagi pengunjung yang membutuhkan diskusi tatap muka perihal akun bisnis mereka.

“Tak hanya menjadi komunitas pengguna terbesar di Asia-Pasifik, Indonesia merupakan satu dari lima negara dengan jumlah akun bisnis terbanyak di dunia. Ada peluang yang sangat besar bagi pengguna kami di Indonesia untuk bisa mengembangkan bisnis mereka lewat Instagram dan menemukan calon konsumen dari dalam dan luar negeri. Melalui InstaMarket, kami berharap bisa membantu memberdayakan pelaku usaha di Indonesia lewat fitur-fitur kreatif Instagram serta memberi wadah untuk mereka bisa berinteraksi secara langsung,” ujar Mike Bronfin, Product Marketing Manager, Instagram Business Platform.

Secara global, ada lebih dari 25 juta akun bisnis di Instagram dan Indonesia menempati posisi lima besar negara dengan jumlah akun bisnis terbanyak di dunia, selain Amerika Serikat, Brazil, Rusia, dan Inggris. Agustus lalu, Instagram dan IPSOS melakukan survei terhadap 3.000 pengguna Instagram dan 500 UMKM dari seluruh Indonesia dan menemukan bahwa 87% dari bisnis yang terlibat dalam studi berhasil meningkatkan penjualan di Instagram dan 82% dari mereka menerima pesan langsung (DM) dari pelanggan di Instagram setiap hari.

“Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan denyut nadi perekonomian Indonesia. Studi IPSOS terhadap dampak Instagram di Indonesia menemukan tren bisnis yang memprioritaskan Instagram (Instagram-first business) dan munculnya wirausaha-wirausaha muda. InstaMarket adalah salah satu usaha kami dalam menginspirasi lebih banyak pelaku usaha di Indonesia untuk bisa memasarkan karya dalam negeri ke khalayak luas. Kami juga sangat senang bisa bekerjasama dengan GO-JEK, perusahaan yang memiliki visi serupa dalam membantu mendorong perkembangan UMKM di Indonesia,” jelas Ferdy Nandes, Head of Emerging Business & SMBs, Facebook & Instagram South-East Asia.

InstaMarket disambut antusiasi oleh GO-FOOD karena membantu para pelaku UMKM meningkatkan skala bisnis mereka dan memberikan dampak ekonomi yang lebih luas lagi bagi Indonesia. GO-FOOD juga mengikutsertakan para mitra merchant GO-FOOD Festival untuk berpartisipasi dalam rangkaian workshop sebagai bagian dari InstaMarket demi meningkatkan skala bisnis. Selain menjadi alternatif wisata kuliner satu tempat serba nikmat, area GO-FOOD Festival juga dapat dimanfaatkan oleh komunitas sebagai wadah berkreasi.

“Contohnya seperti InstaMarket ini yang mengusung format popup market. GO-FOOD Festival merupakan tempat yang cocok untuk berbagai acara karena kami mempunyai keunggulan dari sisi tempat yang luas, lokasi strategis, variasi pilihan makanan, desain yang Instagrammable dan yang pasti juga mudah bayarnya dengan menggunakan GO-PAY,” tambah Casandra Aprilanda, VP Sales & Marketing, GO-FOOD Festival.

InstaMarket berlangsung selama akhir pekan ini pada 8-11 November 2018 di GO-FOOD Festival, Gelora Bung Karno, Jakarta. Pengunjung bisa melakukan konsultasi perihal akun bisnisnya di Instagram Help Desk setiap hari dari pukul 12:00 siang – 18:00 WIB. Selain bisa melihat produk esklusif dari sepuluh bisnis favorit Instagram, ada beragam kios makanan dari mitra GO-FOOD Festival untuk dicoba bersama kerabat dan keluarga.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top