Government & Public Services

Kolaborasi RPX dan BUM Desa Kembangkan Potensi Ekonomi Lokal

 

Melihat potensi dan tantangan perekonomian yang ada, kini pembangunan ekonomi desa menjadi salah satu fokus pemerintah. Berdasarkan hal itu, RPX bersama dengan PT BUM Desa Indonesia menjalin kerja sama untuk mendukung dan meningkatkan usaha yang dimiliki setiap desa dan antar desa di Indonesia.

Semakin berkembangnya usaha desa melalui produktivitas komoditi unggulan yang dimiliki desa, tentunya membutuhkan pemasaran dan distribusi. Untuk itu, kerja sama kemitraan antara RPX dan PT. BUM Desa Indonesia merupakan langkah strategis dalam mendukung kemajuan perekonomian masyarakat desa. Melalui kerja sama ini RPX akan mendistribusikan komoditi unggulan milik usaha desa ke seluruh Indonesia serta penyaluran barang-barang kebutuhan sehari-hari dari kota ke desa.

“BUMDes selama empat tahun ini telah menunjukkan sebuah progres yang baik sehingga kerja sama ini merupakan kesempatan baik untuk menunjukkan potensi desa. Kami melihat ini akan membawa sesuatu yang baik bagi BUMDes dan terlebih dari itu adalah untuk desa. Dengan hadirnya RPX akan mendukung satu lagi usaha desa yaitu e-commerce yang tentunya membutukan jasa logistik.” jelas Dina Ardiyanti, Direktur Utama PT. BUM Desa Indonesia.

Daerah pertama yang akan menjadi pembuka kerja sama ini adalah desa-desa di Jawa Barat, salah satunya Indramayu. “Kami melihat desa memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan sudah saatnya untuk memajukan usaha desa-desa di Indonesia. Kerja sama ini untuk mendukung usaha masyarakat desa serta membuka peluang bagi komoditi lokal untuk go international. Daerah Jawa Barat dipilih karena berdasarkan data kami, daerah tersebut paling tinggi tingkat kebutuhan akan jasa logistiknya terutama mengacu pada data berbelanja online” ujar M. Kadrial, Chief Operation Officer RPX.

Sejak terbentuk pada 2014 lalu, PT. BUM Desa Indonesia telah menaungi berbagai badan usaha milik desa (BUMDes) dan badan usaha milik antar desa (BUMADes). Hingga saat ini kurang lebih terdapat 20.000 desa yang telah membangun usaha.

Kerja sama antara RPX dan PT. BUM Desa Indonesia nantinya akan mendukung distribusi usaha masyarakat Jawa Barat di 4.000 titik desa. Diharapkan kerja sama ini dapat mewujudkan harapan BUMDes untuk meneruskan pertumbuhan usaha-usaha tidak hanya di desa lokal tetapi juga internasional.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top