Consumer Goods

Komitmen P&G Bagikan 22 Juta Liter Air Bersih Untuk Warga Melawi

Komitmen P&G Bagikan 22 Juta Liter Air Bersih Untuk Warga Melawi CSDW1

Procter & Gamble (P&G) mengumumkan akan mendonasikan 22 juta liter air bersih di Indonesia melalui program non-profit Children’s Safe Drinking Water (P&G CSDW). Dengan program ini, P&G membagikan air layak konsumsi kepada masyarakat melalui inovasi yang terdapat pada P&G Purifier of Water. Bubuk  ini mampu memurnikakan dan menyaring air kotor menjadi air bersih yang dapat langsung diminum.

Di Indonesia, hingga pertengahan tahun 2016, CSDW telah membagikan lebih dari 175 juta  liter air layak konsumsi sejak masuknya program ini di Indonesia pada saat tsunami di Aceh tahun 2004. Program ini berlanjut ketika  gempa bumi di Yogyakarta tahun 2006, gempa bumi di Padang tahun 2009, erupsi gunung Merapi di Jawa Tengah tahun 2012, dan komitmen P&G Berbagi ASA dan CSDW yang membagikan Purifier of Water di Nusa Tenggara Timur sejak tahun 2015 hingga tahun 2018.

Untuk program CSDW kali ini, P&G menggandeng PT Indomarco Prismatama (Indomaret) dan Wahana Visi Indonesia mengadakan program Berbagi Air Bersih. Program yang telah berlangsung dari 1 Agustus 2016 sampai dengan 30 September 2016 ini berhasil menarik konsumen Indomaret untuk berbelanja sambil berdonasi.

Selama dua bulan program Berbagi Air Bersih ini berlangsung, P&G dan Indomaret telah berhasil mengumpulkan hingga 12 juta liter air bersih layak konsumsi yang akan disumbangkan ke wilayah di Kalimantan Barat, yaitu Kabupaten Melawi. Pencapaian dari program ini jauh melebihi target awal sembilan juta liter air sehingga P&G dengan sukarela menambahkan jumlah pemberian menjadi 22 juta liter air bersih untuk Kalimantan Barat.

Pemilihan wilayah Kalimantan Barat ini berdasarkan data yang diberikan oleh Wahana Visi Indonesia. Di wilayah tersebut air bersih sulit didapatkan dan air layak diminum sangat minim. Sumber  utama air  yang digunakan adalah air hujan, air sungai, dan sumber air permukaan lainnya,  yang kebanyakan sumber air tersebut terkontaminasi dan tercemar.

“Donasi air bersih layak konsumsi akan diberikan pada masyarakat di Kabupaten Melawi dalam bentuk P&G Purifier of Water. Donasi ini akan kami distribusikan tahun 2017. Sebelum itu, kami akan melakukan sosialisasi kepada lebih dari 20 ribu penduduk yang akan merasakan manfaat program ini,” kata Nararya Soeprapto, Direktur  P&G Home Products  Indonesia di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Walaupun Program Berbagi Air Bersih yang dilakukan oleh P&G bersama Indomaret telah berakhir, tapi P&G dengan program CSDW akan terus melanjutkan membuat program sejenis lainnya agar masyarakat di wilayah yang membutuhkan air bersih layak konsumsi. Hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kehidupan yang berarti buat masyarakat penerima bantuan.

“Indomaret tidak akan berhenti sampai disini, kami akan tetap membuka kesempatan untuk program-program sejenis lainnya bersama partner kami P&G,” kata Gondo Sudjoni, Marketing Communication Executive Director PT. Indomarco Prismatama.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top