Mshop-leaderboard-mobile
Consumer Goods

CEO Blibli: Kompetisi UKM Bukan Soal Hadiah Uang

kompetisi UKM

Blibli.com kembali menyelenggarakan kompetisi UKM The Big Start Indonesia untuk tahun kedua. Kompetisi ini merupakan wadah bagi para creativepreneur muda Indonesia yang memiliki skala usaha mikro kecil menengah (UKM). Program ini telah menjaring 20.000 creativepreneur yang siap berkompetisi.

Bagi  Kusumo Martanto selaku CEO Blibli.com menyatakan Blibli.com sebagai e-commerce sangat peduli dengan kemajuan UKM di Indonesia. Ia menambahkan, UKM adalah salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Beberapa pelaku UKM telah berhasil tumbuh dengan pesar, mereka juga sekarang berani untuk menggunakan kanal penjualan online. Pemerintah menargetkan akan ada total delapan juta UKM yang Go Online pada tahun 2020.

“Ini bukan hal main-main. Sangat penting bagi UKM di Indonesia untuk tak tergerus perkembangan teknologi. Mereka perlu dipersiapkan dengan benar sejak awal memasuki era digital,” tegas Kusumo di Jakarta, Senin (2/10/2017).

Kusumo menambahkan, masih banyak UKM di Indonesia yang haus akan pembekalan pengetahuan dan pelatihan tentang ilmu pemasaran digital hingga akses pasar yang lebih luas.

“Melalui program ini, kami sudah siapkan aneka pelatihan hingga ruang usaha bagi produk mereka di Blibli.com bagi mereka yang masuk di Top 100 dan bagi para finalis akan diberikan pelatihan kewirausahaan dan dijamin bahwa produk mereka akan terdaftar di HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). Kami juga ingin kegiatan ini dapat mewadahi para UMKM ini juga bisa tumbuh dari kecil ke menengah, dari menengah menjadi besar,” tambahnya.

Saat ini, kompetisi The Big Start Indonesia sudah memasuki tahap 20 besar. Dalam menyeleksi para pesertanya, Blibli.com bersama tim juri menilai berdasarkan keunikan produk, ide yang orisinal, terdapat pasarnya -dalam artian bisa dijual- serta visi dari sang empu-nya usaha. Setiap UKM yang masuk dalam 20 besar akan melewati babak karantina di Jakarta pada periode 5-19 Oktober 2017. Di sini, akan dipilih tiga terbaik yang berhak memenangkan hadiah total sebesar Rp 1 miliar. Namun, Kusumo menegaskan, pada akhirnya ini bukan soal menang kalah dan mendapatkan hadiah uang. Baginya yang terpenting dari kompetisi ini adalah latihan, pembekalan, serta pendampingan sehingga UKM tersebut bisa tumbuh secara berkelanjutan.

Melalui The Big Start Indonesia, Blibli.com menilai bahwa ke depannya Blibli.com akan memiliki beragam produk UKM pilihan yang lebih bagus kepada seluruh konsumennya. Saat ini, dari total sebanyak 25 ribu merchant partner yang terdaftar di Blibli.com baru sekitar 500-nya berasal dari kalangan UKM.

“Tetapi, beyond that kami ingin membangun perusahaan lokal yang bisa menjadi perusahaan dan kualitas global,” pungkas Kusumo.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top