SMEMBA 2018 Leaderboard
Retail & Property

Konsistensi Pada Konten Lokal, Kunci Sukses MUJI di Dunia Ritel

Photo Credits: MUJI

Mungkin Anda sudah tak asing lagi dengan brand ritel asal Jepang, MUJI. Pasalnya, brand yang tengah digandrungi ini kian memperkuat lini bisnis mereka. Dengan cepat, MUJI berekspansi ke berbagai negara di dunia. Namun, satu yang tak pernah berubah, MUJI konsisten membawa konten lokal negara asal mereka, Jepang kemana pun mereka melangkah.

Negeri Sakura umum dikenal dengan konsep simplicity (kesederhanaan) yang merepresentasikan bentuk harmoni dengan alam. Konsep yang begitu kental ini kemudian dipilih MUJI untuk menunjukkan integritas brand mereka.

MUJI berasal dari Jepang, dan kesederhanaan menjadi bagian intrinsik dari brand ini. Kami berusaha untuk menjaga konsistensi dan memastikan bahwa konsep MUJI diterjemahkan dengan baik ke dalam setiap kampanye dan aktivitas branding kami. MUJI percaya bahwa brand identity yang kuat merupakan inti dari strategi pemasaran,” jelas Director Ryohin Keikaku Co.,Ltd. (MUJI) Kei Suzuki kepada Hong Kong Trade Development Council.

Tidak ada tantangan yang begitu berat dalam menjaga konsistensi brand identity MUJI. Kei mengatakan, konsep simplicity yang mereka usung didasarkan pada kesederhanaan yang mudah untuk diterima dengan baik di negara lain.

Hasilnya, dengan konsisten, MUJI mengemas karakter yang sama di setiap negara ekspansi mereka. Tak hanya ritel saja, MUJI Dining dan MUJI Hotel pun dikemas serupa. Dengan mengangkat konten lokal secara konsisten, MUJI percaya cara ini dapat mempermulus perjalanan bisnis mereka.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top