Mshop-leaderboard-mobile
Lifestyle & Entertainment

Pelajaran Marketing dari Kontroversi Kaos Kendall dan Kylie

Kendall dan Kylie

Salah satu nama besar dalam industri fesyen saat ini, Jenner bersaudara, Kendall dan Kylie sedang mengalami musibah. Hal ini bermula ketika mereka merilis produk kaos untuk brand mereka Kendall+Kylie pada akhir Juni lalu. Alih-alih sukses justru cemoohan didapatkan oleh keduanya.

Pasalnya, untuk produk kaos, kedua kakak beradik ini menempelkan wajah mereka di atas logo dari beberapa musisi-musisi legendaris. Beberapa musisi seperti Pink Floyd, The Doors, Ozzy Osbourne, hingga Notorious BIG kedapatan simbol mereka ditimpa dengan wajah Kendall dan Kylie.

Kecaman datang kepada Kendall dan Kylie. Dilansir dari beberapa sumber, bahkan beberapa pihak sudah siap mengajukan gugatan kepada Kendall dan Kylie.

Dikutip dari akun Twitter Sharon Osbourne, istri dari Ozzy Osbourne, Sharon menyebutkan bahwa Kendall dan Kylie meskipun nama yang digemari saat ini belum memiliki hak untuk bersanding dengan para musisi legendaris tersebut.

“Kalian belum mendapatkan hak untuk menaruh wajah kalian dengan para ikon musik ini. Kembalilah dengan hal yang kalian pahami, seperti lip gloss,” ujar Sharon. Ucapan Sharon mengacu pada produk make up yang diluncurkan oleh Kylie dan berhasil digemari oleh kalangan perempuan muda.

Sementara itu, ibu dari mendiang Notorious BIG, Volleta Wallace, menganggap tindakan yang dilakukan oleh Kendall dan Kylie tidak menyertakan izin terlebih dahulu. Ia bahkan mengkategorikan tindakan keduanya sebagai tindakan tidak menghargai, menjijikan, dan melakukan ekploitasi kepada para musisi legendaris lainnya.

Kaos ini sebelumnya dijual dengan harga US$ 125, ketika protes mulai bermunculan, peredaran kaos ini juga sudah dihentikan. Baik Kendall dan Kylie juga sudah mengajukan permohonan maaf melalui akun Twitter mereka.

Pelajaran Marketing dari Kontroversi Kaos Kendall dan Kylie kendall-kylie

Tahun ini bukan kali pertama kakak beradik ini menjadi sorotan. Sebelumnya, Kendall Jenner juga diprotes terkait aksinya ketika menjadi model iklan untuk produk Pepsi. Bahkan, kecaman yang ditujukan oleh netizen membuat Kendall mengalami trauma.

Kedua kakak beradik ini sedang dalam masa emas popularitasnya. Beragam kontrak dengan merek fesyen ternama sedang mereka jalani. Seolah tidak ingin kehilangan momentum dan memperluas jaringan bisnisnya, saat ini Kendall dan Kylie merilis brand Kendall+Kylie yang mencakup beberapa mode fesyen untuk kalangan perempuan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Sebelumnya, mereka juga merilis aplikasi permainan untuk ponsel yang juga sangat laris.

Melihat fakta bahwa keduanya adalah nama besar saat ini khususnya untuk millenials dan perempuan, kasus ini tidak akan terlalu berdampak pada ekspansi bisnis yang dilakukannya.

Meskipun begitu tetap saja ada pelajaran yang bisa dipetik, bahwa dalam melakukan bisnis siapa pun Anda harus tetap memperhatikan norma-norma yang berlaku. Yang paling mendasar adalah meminta izin apabila ingin mencantumkan nama atau logo tertentu, terlebih yang dicantumkan adalah nama-nama legendaris.

Siapa pun Anda, minta izinlah.

Editor: Sigit Kurniawan

 

Most Popular








To Top