Automotive

Korea Selatan Segera Kembangkan Chip AI untuk Mobil

Sumber: 123rf

Teknologi mempermudah kehidupan manusia. Hal itulah yang terus dikembangkan oleh Korea Selatan. Sudah dikenal sebagai slah satu negara dengan teknologi paling maju, mereka tampaknya tak begitu saja puas.

Mengutip dari Korea Times, pemerintah Korea Selatan sat ini berencana menginvestasikan dana sebesar US$ 12,2 juta untuk tiga tahun ke depan. Dana tersebut nantinya digunakan untuk pengembangan artificial intelegence (AI) untuk mobil yang dapat menyetir sendiri. Hal itu diungkapkan langsung oleh pihak Kementerian Sains, Informasi, dan Teknologi Komunikasi.

Pihak kementerian mengatakan bahwa mobil yang dapat menyetir sendiri itu merupakan peningkatan mesin baru dalam industri semikonduktor. Dan rencana investasi ini akan membantu perusahaan lokal untuk mempercepat perkembangan di teknologi terkait. Pemerintah berharap pasar teknologi ini akan berkembang hingga mencapai US$ 26,3 miliar di tahun 2025.

“Kami memperkirakan akan ada peningkatan permintaan mobil yang dapat menyetir sendiri. Hal itu akan membuat permintaan di sektor semikonduktor juga meningkat. Terlebih lagi mobil ini akan berada di level tiga atau yang tertinggi dalam kebutuhan teknologi AI. Mobil ini akan bisa memahami kondisi lalu lintas dengan sendirinya,” ujar pihak kementerian.

Untuk pengembangan chip AI ini, kementerian akan menginvestasikan uang kepada perusahaan-perusahaan di bidang desain chip dan bagian-bagian otomotif. Dalam sepuluh tahun ke depan, diperkiraan pemerintah akan menggelontorkan dana sebesar 250 miliar won . Pihak kementerian menambahkan bahwa penting untuk mengembangkan chip AI ini demi produksi mobil berteknologi paling canggih.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top