Government & Public Services

Korea Selatan Tawarkan E-Visa untuk Grup khusus Wisatawan Indonesia

Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia mengumumkan kemudahan visa bagi warga Indonesia yang ingin berkunjung ke Korea. Per tanggal 28 Juni 2019, Kementerian Hukum Republik Korea dan Kedutaan Besar Republik Indonesia akan mulai melaksanakan program Electronic Group Visa for MICE (Meeting, Incentive Travel, Convention, Exhibition).

Dilansir dari rilis resmi yang dikeluarkan oleh Kedubes Republik Korea, E-Visa ini berlaku untuk grup yang beranggotakan minimal lima orang. Visa untuk Grup hanya berlaku untuk tujuan wisata insentif perusahaan atau karya wisata sekolah dan universitas. Visa ini juga hanya berlaku jika perjalanan dilakukan pada tanggal, maskapai penerbangan, dan rencana kunjungan yang sama.

Mendukung kemudahan ini, wisatawan hanya perlu mengunjungi laman portal Kementerian Hukum Republik Korea di www.visa.go.kr untuk mengajukan dan memperoleh visa. Tidak hanya itu, wisatawan juga dibebaskan dari melampirkan dokumen keuangan dan proses pengajuan yang singkat, yaitu dalam tiga hari kerja termasuk hari pengajuan.

Pemberlakuan E-Visa untuk Grup bagi wisatawan Indonesia merupakan yang pertama di ASEAN. Sebelumnya, visa jenis ini hanya terbatas untuk tujuan kunjungan MICE, namun Kementerian Hukum Republik Korea kini mengubah sistem menjadi E-Visa untuk mempermudah proses dan hubungan bilateral antara dua negara.

“Kedutaan Besar Republik Korea berharap agar para pemohon visa dapat lebih banyak lagi dan semakin nyaman pada saat pengajuan visa serta kemudahan untuk memperoleh visa di masa mendatang. Melalui peningkatan sistem visa ini, diharapkan terjadi pertukaran manusia dan budaya dengan Indonesia yang lebih aktif lagi mengingat Indonesia adalah negara kunci kebijakan menuju New Southern Policy,” ujar Park Jaewan, Konsuler Kedutaan Besar Republik Korea.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top