jet-express-leaderboard-mobile
Automotive

KTB Tutup #FusoKontribusi Lewat Pemberian Beasiswa Pendidikan

KTB Tutup #FusoKontribusi Lewat Pemberian Beasiswa Pendidikan Beasiswa-FusoKOntribusi-4

Dalam teori Marketing 3.0 tersebut bahwa untuk membuat agar perusahaan atau brand bisa sustain, maka dalam menjalankan bisnis dan aktivitas pemasaran hendaknya berbasiskan nilai-nilai human spirit. Tidak hanya melulu mencari  keuntungan (profit), tapi juga memberikan keedulian juga pada orang (people) dan keplanetan (planet).  Inilah yang sedang dipraktikkan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi dari Mitsubishi FUSO Truck & Bus Corporation (MFTBC) ketika memberikan beasiswa pada para anak dari supir truk.

Pemberian beasiswa pada 11 anak ini merupakan acara penutup dari rangkaian kampanye bertajuk bersama brand ambassadornya, Iwan Fals, menutup secara resmi rangkaian kampanye roadshow “Kontribusi untuk Negeri, Perjalanan Sejuta Harapan”. Kampanye ini merupakan bentuk apresiasi KTB pada konsumennya, terutama pengemudi truk atas pencapaian penjualan 1 juta unit Mitsubishi Fuso Colt Diesel pada di awal tahun 2017 lalu.  Dalam kampanye ini turut serta brand ambassador Mitsubishi Fuso, Iwan Fals.

“Melalui kampaye ini, KTB ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk memberikan apresiasi kepada para supir truk yang kadang tidak sadari berjasa bagi kita. Adanya supir truk banyak kebutuhan kita sehari-hari yang bisa tersedia di sekitar kita dan mudah kita peroleh, dari kebutuhan konsumsi hingga nonkonsumsi,” kata Duljatmono, Direktur Sales & Marketing KTB, hari ini (12/02/2018).

Kampanye dilakukan di sepuluh kota di Indonesia berlangsung dari September 2017 hingga Februari 2018. Kesepuluh kota yang disinggahi antara lain, Denpasar, Semarang, Cirebon, Serang, Lampung, Surabaya, Palembang, Pekanbaru, Padang, dan Medan. Selama kampanye berlangsung, KTB melempar tagar #Terimakasihsupirtruk. KTB juga menggalang kampanye #FusoKontribusi sebagai aksi nyata dan mendapatkan partisipasi masyarakat yang lebih luas. Setiap 1 tagar yang diposting akan dikonversikan menjadi Rp 10.000 yang dikumpulkan sebagai beasiswa putra-putri sopir truk.

Total telah terdapat 12,578 tagar #FusoKontribusi yang setelah dikonversi nilainya menjadi Rp 125.780.000. Tidak cukup sampai di situ, KTB menggenapi nilai beasiswa menjadi Rp 330 juga dan dibagikan secara merata ke 11 anak supir truk dari 10 kota yang menjadi lokasi road show.

“KTB memiliki beragam program corporate social responsibility (CSR) di bidang pendidikan karena kami peduli pada pendidikan anak Indonesia. Kami berterima kasih pada seluruh masyarakat yang terlibat, sehingga pemberian beasiswa ini bisa berlangsung,” katanya.

KTB Tutup #FusoKontribusi Lewat Pemberian Beasiswa Pendidikan Beasiswa-FusoKontribusi-3

Para anak supir truk menjadi pilihan KTB lantaran supir truk merupakan pengguna langsung dari Mitsubishi Fuso, meskipun belum tentu yang memiliki truknya. Dari para supir truk ini kekuatan word of mouth, baik itu mengenai kehandalan produk dan kepedulian KTB, bisa terjadi dan menyebar. Di sisi lain, KTB secara langsung juga telah menciptakan para brand advocate untuk Mitsubishi Fuso.

Iwan Fals sebagai brand ambassador menyatakan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia bisa melihat langsung kehidupan para supir truk dan merasakan ketangguhan truk panggung Colt Diesel FE 74 Long yang digunakannya dalam roadshow tersebut.

“Perjalanan ini menguras emosi saat melihat kehidupan para supir truk. Sampai-sampai saya tidak sempat menulis lagu. Mungkin, nanti kalau sudah ada waktu saya akan membuat lagu tentang perjalanan ini,” kata Iwan

Lalu, apa harapan Iwan pada kegiatan ini? Ia mengharapkan nantinya roadshow bisa berlanjut ke Kalimantan, Sulawesi, Papua, atau pulau lain. “Truk Colt Diesel FE 74 Long ini terlalu tangguh untuk Sumatera, Jawa, dan Bali. Mungkin bisa dicoba di pulau lain,” tantang Iwan.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top