Mshop-leaderboard-mobile
Automotive

Tujuh Kunci Pemasaran Mitsubishi di Indonesia Tahun Ini

Tujuh Kunci Pemasaran Mitsubishi di Indonesia Tahun Ini mitsubishi-xm-concept

Mitsubishi merupakan pemain industri otomotif yang masuk ke dalam kategori lima merek besar di pasar Indonesia. Di tengah pertumbuhan pasar otomotif nasional yang sekitar 4% pada tahun 2016, Mitsubishi yakin bisnisnya akan semakin mentereng.

Pabrikan asal Jepang ini pun melakukan banyak langkah strategis. Mulai dari membentuk struktur organisasi baru yang fokus menggarap kendaraan penumpang ditambah dengan mendatangkan pemimpin baru, hingga melakukan tujuh kunci pemasaran untuk tahun 2017.

“Kami prediksi, tahun ini pertumbuhan industri otomotif tidak akan berbeda jauh dengan tahun lalu. Dari kondisi ini yang membuat kami optimistis untuk memasang target penjualan yang cukup besar, yakni 91 ribu unit sepanjang tahun fiskal 2017,” jelas Imam Choeru Cahya, Head of MMC Sales and Marketing Group Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi Mitsubishi di Indonesia.

Imam melanjutkan, tahun ini Mitsubishi juga akan memasuki segmen pasar terbesar di Tanah Air, yakni pasar small mpv dengan meluncurkan produk baru. Bukan hanya itu, berbagai langkah strategis juga sudah disiapkan Mitsubishi untuk pasar mobil penumpang di bawah manajemen PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales di Indonesia (MMKSI). Keseluruhan strategi ini pun dirangkum ke dalam tujuh kategori.

Pertama, MMKSI punya strategi bertajuk Brand New Product. Dalam hal ini, Mitsubishi akan meluncurkan beberapa produk. Tiga di antaranya adalah Pajero Sport buatan lokal yang akan dirilis pada ajang IIMS (Indonesia International Motor Show) 2017, dua seri Triton, serta world premier launching new small MPV (multipurpose vehicle) di ajang GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show) 2017.

Kedua, Brand New Factory. Saat ini, Mitsubishi telah menyiapkan peluncuran pabrik baru di wilayah Delta mas Cikarang, Bekasi. Pabrik ini tengah disiapkan untuk memproduksi Pajero Sport, Small MPV baru mereka, dan L300.

Ketiga, Brand New Distributor. Dari sini, restrukturisasi bisnis dilakukan oleh KTB agar semakin fokus. Dalam hal ini, per 1 April MMKSI akan fokus menggarap pasar mobil penumpang.

Keempat, Brand New Network. Mitsubishi akan menambah diler mereka. Sampai tahun 2018, ditargetkan akan beroperasi 143 jaringan. Selain itu, peningkatan kualitas juga akan dilakukan.

Kelima, Brand New Communication. Untuk aktivitas above the line, below the line, serta public relation (PR-ing) akan lebih terintegrasi. Tahun ini, Mitsubishi akan menghadirkan sekitar 800 acara.

Keenam, Brand New Service. Layanan purna jual akan semakin dioptimalkan dan semakin terjangkau oleh konsumen. Berbagai program seperti gratis biaya servis dan peningkatan sistem booking secara online akan dikerahkan.

Ketujuh, Brand New People. Dalam melayani konsumennya, Kyoya Kondo sebagai Presiden Direktur MMKSI menekankan bahwa seluruh SDM Mitsubishi harus berorientasi pada ambisi konsumen.

“Para pelanggan setia dan calon pelanggan Mitsubishi, diharapkan bisa merasakan Brand New Day dalam kehidupan sehari-hari bersama Mitsubishi. Pada akhirnya, rasa puas dan loyal kepada merek ini diharapkan akan terjaga,” tutup Imam.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top