Mshop-leaderboard-mobile
Lifestyle & Entertainment

Pria Lebih Sensitif Terhadap Jumlah Likes, Benarkah?

Pria Lebih Sensitif Terhadap Jumlah Likes, Benarkah? favorit-2

Banyak orang membagikan momen-momen terbaik mereka di media sosial untuk pamer kepada orang lain dan mengumpulkan sebanyak mungkin likes hanya untuk memuaskan diri mereka sendiri. Sayangnya, dalam proses mendapatkan likes yang dinilai sebagai pengakuan dari publik tersebut, masih banyak orang yang mempermainkan kebenaran serta memanipulasi kehidupan mereka yang sebenarnya.

Penelitian terbaru dari Kaspersky Lab menunjukkan bahwa satu dari sepuluh orang akan membengkokkan kebenaran di media sosial untuk mendapatkan lebih banyak likes dari hasil unggahan mereka. Demi menarik perhatian, satu dari sepuluh orang (12%) berpura-pura berada di suatu tempat atau melakukan sesuatu yang mungkin tidak sepenuhnya benar. Bahkan bagi kaum pria, angka ini meningkat hingga 14%. Hal ini menunjukkan bahwa banyak pengguna yang merasa lebih baik mendapatkan sebanyak mungkin perhatian di media sosial dibandingkan berbagi gambaran kehidupan mereka yang sesungguhnya.

Penelitian ini juga mengungkapkan, pria lebih sensitif terkait banyaknya likes yang mereka dapatkan di media sosial. Yang mengejutkan adalah dalam usaha mereka untuk mengumpulkan likes. Pria lebih mungkin untuk mengungkapkan sesuatu yang memalukan atau rahasia tentang rekan kerja, teman atau pemimpin dibandingkan wanita.

Berdasarkan riset, 14% pria mengatakan mereka akan mengungkapkan sesuatu yang rahasia tentang rekan kerja, dibandingkan dengan 7% wanita. Lalu, 13% pria bersedia mengunggah sesuatu yang rahasia tentang pemimpin mereka dan 12% pria berani mengungkapkan sesuatu yang memalukan tentang teman dibandingkan dengan 6% wanita.

Selain itu, pria juga merasa kecewa jika mereka tidak mendapatkan jumlah likes seperti yang mereka harapkan. 24% pria merasa khawatir apabila hanya beberapa orang yang menyukai hasil unggahannya. Pasalnya, teman-teman pria tersebut akan berpikir bahwa mereka bukanlah sosok yang populer bila dibandingkan dengan 17% perempuan. Lalu, 29% pria juga mengakui bahwa mereka merasa kesal jika seseorang yang mereka anggap penting tidak menyukai hasil unggahan mereka.

Dalam proses mendapatkan likes, pria cenderung melakukan tindakan yang lebih jauh lagi dibandingkan wanita, seperti mengunggah hal-hal yang merepresentasikan diri mereka dan teman-teman mereka dengan cara yang lebih meyakinkan. Contohnya saja, 15% pria mengungkapkan mereka akan mengunggah foto teman-teman mereka yang berada di bawah pengaruh alkohol dibandingkan dengan 8% wanita.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

Most Popular








To Top