AMS 2018 Leaderboard
Career

Empat Tahap Agar Lancar Presentasi Depan Klien

Karyawan Resign

Presentasi menjadi salah satu hal yang penting dalam sebuah kesuksesan bisnis. Untuk bisa meluncurkan produk dan meraih klien setidaknya harus bisa melewati beragam presentasi di hadapan rekan kantor atau prospect client. Selain tampilan visual yang harus menarik, lancar, dan percaya diri merupakan kunci agar dapat membawakan presentasi secara sukses. Melakukan presentasi tidaklah sama seperti berbicara sehari-hari, apalagi harus membawakannya dalam Bahasa Inggris.

Dalam presentasi, baik untuk kepentingan pekerjaan maupun akademis, Anda harus dapat menyampaikan ide atau argumen Anda secara jelas dan menarik dalam kurun waktu yang telah disediakan. Seseorang yang lancar berbicara dalam Bahasa Inggris belum tentu lancar membawakan presentasi dalam bahasa tersebut. Berikut beberapa tips untuk presentasi dalam Bahasa Inggris dan membuat presentasi menjadi lebih menarik:

Konten: ingat poin utama!

Pastikan isi konten presentasi relevan dengan pesan utama yang ingin Anda sampaikan. Tidak semua informasi yang Anda dapat itu penting, meskipun detailnya sangat menarik. Untuk itu, siapkanlah catatan berisikan poin-poin yang akan Anda sampaikan agar presentasi Anda lebih terarah. Tentunya, catatan disiapkan dalam Bahasa Inggris agar dapat membantu Anda dapat menyampaikan informasi yang benar.

Struktur: harus terorganisir

Lakukan riset presentasi langsung dalam Bahasa Inggris, daripada melakukannya dalam Bahasa Indonesia dan di-translate ke dalam Bahasa Inggris setelahnya. Hal ini untuk menghindari terjadinya salah  penafsiran yang dapat mengubah makna informasi yang ingin disampaikan. Lalu, pilahlah informasi yang relevan dan kohesif yang disusun ke dalam tiga bagian utama layaknya sebuah esai: perkenalan, isi, dan penutup

Ini adalah presentasi, bukan membaca

Salah satu kesalahan utama yang dilakukan orang-orang ketika presentasi adalah membaca slide PowerPoint secara langsung. Hal ini tidak hanya akan membuat audiens bosan, tapi juga mengisyaratkan bahwa Anda tidak menguasai materi. Sebab itu, latihan sangatlah penting apalagi bila harus membawakannya dalam Bahasa Inggris yang notabene bukan Bahasa utama kita. Sering latihan akan membuat Anda lebih hapal dan mengerti akan materi yang harus disampaikan sehingga Anda akan lebih rileks dan percaya diri dalam membawakan presentasi dalam Bahasa Inggris. Menggunakan banyak visual dan poin/frasa per poin juga membantu Anda membawakan presentasi dengan lebih lancar tanpa perlu membaca.

Berinteraksi dengan audiens

Presentasi yang baik tergantung dari pembicaranya. Dengan melibatkan audiens dan mendorong mereka untuk berinteraksi satu sama lain, presentasi Anda akan menjadi lebih menyenangkan dan informatif. Anda bisa melakukan hal ini dengan membuat kontak mata dengan audiens dan bertanya opini mereka. Buatlah mereka sebagai bagian dari presentasimu.

Dengan membuka presentasi dalam Bahasa Inggris sehari-hari, hal ini menunjukkan bahwa Anda memahami dan dapat berkomunikasi dengan lancar dalam Bahasa Inggris yang dapat meningkatkan tingkat kompetensi Anda di mata para audiens. Oia, semisal kalian bingung ingin bikin presentasi seperti apa bisa dicek disini untuk melihat beberapa contohnya

Pada akhirnya, seperti kata pepatah lama: practice makes perfect.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top