Technology

Lebih dari Satu Miliar Pengguna Android Unduh Microsoft Word

Sumber: 123rf

Microsoft Word menjadi aplikasi yang wajar ditemui saat menggunakan komputer hingga laptop. Namun, di zaman yang serba praktis dan mudah ini. Gawai pun dilengkapi aplikasi untuk membuat dokumen tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan unduhan dari Google Play Store, aplikasi besutan Microsoft itu kini telah diunduh lebih dari satu miliar pengguna Android.

Aplikasi-aplikasi yang termasuk dalam Microsoft Office juga sama mengesankannya. Excel, PowerPoint, OneNote, dan OneDrive juga mencatatkan angka istimewa. Masing-masing aplikasi kini telah mendapatkan lebih dari 500 juta pengguna. Sedangkan aplikasi surat elektronik, Outlook yang digunaan pada gawai Android telah diunduh oleh 100 juta pengguna.

Dilansir The Verge, perhitungan tersebut hanya yang tercatat saat pengguna melakukan pengunduhan langsung dari Play Store. Belum terhitung jumlah aplikasi yang telah terinstalasi otomatis di perangkat lainnya. Pasalnya, Microsoft memiliki beberapa kesepakatan dengan sejumlah perusahaan teknologi untuk pelaksanaan pra-instalasi.

Microsoft diketahui tidak banyak mendapatkan keuntungan atau pengunduh dari pengguna iOS. Karena, mereka memiliki aplikasi yang hampir serupa. Kendati demikian, kehadiran versi gawai untuk aplikasi Microsoft Office tidak kehilangan peminatnya. Tampak dari penetrasi pasar yang memiliki jumlah signifikan.

Meski sukses dengan banyak pengunduh di Android, Co-Founder Microsoft Bil Gates mengatakan bahwa Microsoft kehilangan peluang karena Android. “Dalam dunia platform, ada pemenang yang menguasai semua pasar. Jadi, kesalahan terbesar saya yaitu, Android adalah platform dengan standar non-Apple. Seharusnya wajar bagi Microsoft memenangkan semuanya,” ujar Gates.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top