Technology

Lenovo Umumkan Laptop Layar Lipat ThinkPad X1

Lenovo baru-baru ini memperkenalkan inovasi baru yang tertanam di laptop mereka. Setelah Samsung merilis handphone dengan layar yang bisa dilipat, kali ini Lenovo menghadirkan laptop dengan layar yang bisa dilipat juga. Memang Lenovo belum secara resmi memperkenalkan laptop yang nantinya akan menjadi bagian dari keluarga ThinkPad X1 ini.

Membawa nama ThinkPad, bisa dipastikan laptop lipat ini mempunyai spesifikasi yang tidak main-main. Didesain sangat kompak dengan layar 13.3 inci menjadikan laptop ini mudah dibawa ke mana pun. Tetapi jika layar berukuran 13.3 inci dirasa terlalu memakan tempat, pengguna bisa melipat laptop tersebut menjadi sebesar kertas berukuran 9.6 inci.

Selain itu, laptop ini juga memiliki dua slot USB C, IR Camera, Stereo Speakers, dan sudah mendukung Bluetooth Keyboard serta Wacom stylus. Untuk prosessor, Lenovo dikabarkan akan menggunakan Intel tapi belum diketahui Intel apa yang akan digunakan dalam laptop ini. Sama halnya dengan kapasitas baterai yang masih dirahasiakan.

Dilansir dari mashable.com, Lenovo mengatakan bahwa laptop ini memiliki berbagai fungsi tergantung cara melipatnya. Mode pertama adalah mode layar penuh. Laptop ini dapat berperan selayaknya tablet berukuran besar yang dapat digunakan untuk menonton hingga menampilkan presentasi PowerPoint.

Mode kedua adalah ketika perangkat ini terlipat maka setengah dari layar akan berfungsi sebagai layar biasa dan setengah layar sisanya akan berfungsi sebagai keyboard. Namun, di mode kedua ini pengguna juga bisa menggunakan perangkat selayaknya ketika membaca buku. Jadi, konten yang ada di perangkat akan terbagi menjadi dua tergantung halaman.

Sejatinya, laptop ini memang memiliki desain yang kecil dengan keyboard touchscreen. Artinya, tidak ada keyboard fisik yang terhubung layaknya laptop pada umumnya. Pun demikian, Lenovo sudah menyiapkan Bluetooth keyboard yang akan memudahkan pengguna ketika mengetik.

Selain itu, Lenovo juga menyediakan Wacom stylus yang berguna untuk menggambar, menulis di layar, dan lain-lain. Sayangnya Lenovo belum mengumumkan kapan waktu rilis dari laptop lipat ini dan belum membocorkan harganya. Terlepas dari semua itu, akankah laptop ini akan menjadi tren dan diikuti oleh merek lain?

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top